IIXS 2023 Resmi Dibuka, APJII Dorong Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia
Peresmian pembukaan IIXS 2023 (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Internet Indonesia atau APJII resmi membuka Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2023 pada 10 Agustus di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

IIXS 2023 merupakan edisi kelima, yang akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 - 12 Agustus di Hall D1 JIExpo Jakarta. Acara ini sendiri diharapkan dapat menunjukkan potensi konektivitas digital yang dapat memajukan Indonesia. 

"IIXS 2023 adalah refleksi dari komitmen APJII untuk mendorong kemajuan Ekonomi Digital Indonesia. Dengan menghimpun berbagai perusahaan di lanskap industri digital, kita berupaya menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai pasar, tapi juga sebagai pemimpin dan penggerak dalam perkembangan teknologi digital," ujar Ketua Umum APJII, Muhammad Arif. 

IIXS tahun ini mengangkat tiga isu yang dianggap menjadi pilar penting bagi masa depan industri di Indonesia, di antara tiga isu itu adalah Connectivity, Security, and Inclusivity. 

Didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), IIXS 2023 akan menampilkan lebih dari 200 perusahaan teknologi papan atas dari berbagai sektor; mulai dari Cloud & Big Data, Manufacturers of Communications/Computer Equipment, hingga IoT. 

Menkominfo melalui Staf Khusus nya, Sarwoto Atmosutarno mengatakan, setidaknya ada enam isu strategis yang bisa dijajaki oleh Kominfo dan APJII, diantaranya adalah :

  1. Pencanangan kepatuhan terhadap regulasi, dalam menggunakan frekuensi dan perangkat. Poin ini mencakup regulasi penyediaan layanan yang sesuai dengan izin usaha, serta ketaatan pembayaran PNBP. 
  2. Mendorong fair competition dalam peningkatan layanan internet. 
  3. Sosialisasi ke masyarakat terkait semua kebijakan pemerintah, untuk memajukan industri internet nasional. 
  4. Mengajak APJII untuk menjadi mitra, dalam memberantas berbagai macam kejahatan siber dan konten negatif di internet. 
  5. APJII turut andil dalam mendorong efisiensi rooting, lintas telekomunikasi domestik. 
  6. Kominfo membuka pintu untuk gagasan perkembangan inovasi termutakhir dalam industri telekomunikasi. 

Terkait