Bill Gates Sebal Namanya Selalu Dikaitkan dengan Teori Konspirasi
Bill Gates (NewYorkTimes)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Bill Gates kerap dikaitkan dengan penyebab pandemi Covid-19. Di kalangan penganut teori konspirasi, Gates dituding sebagai salah satu aktor yang mengakibatkan tersebarnya virus corona di dunia.

Bos Microsoft itu kaget mengetahui beredarnya teori konspirasi yang mencatut namanya di media sosial selama mewabahnya virus corona. 

Melansir Reuters, Gates mengatakan bahwa dirinya akan menyelidiki apa yang terjadi di balik teori konspirasi yang menyeret namanya itu.

Selain Bill Gates, ada nama lain yang disebut-sebut dalam teori liar itu, yaitu ahli penyakit menular terkenal bernama Anthony Fauci. Gates mengungkapkan kemungkinan munculnya teori itu berasal dari ketakutan banyak orang akibat pandemi.

Gates merasa terkejut akibat teori konspirasi yang menyebar di kalangan pengguna medsos dan ia berharap hal tersebut segera menghilang.

Gates tidak hanya dituding sebagai dalang penyebaran virus corona dengan cara mengendalikan populasi dunia yang sudah padat. Ia juga dianggap sebagai orang yang berusaha meraup keuntungan dari pandemi yang menjangkiti dunia.

Di sis lain, Gates juga dianggap sebagai orang yang memasukkan mikro chip ke dalam vaksin. Beredarnya teori konspirasi yang mencatut namanya ini tentu menarik perhatian banyak orang.

“Kami benar-benar harus mendapatkan edukasi tentang hal ini selama tahun depan dan memahami... bagaimana hal itu mengubah perilaku masyarakat dan bagaimana seharusnya kami meminimalisirnya?” tanya Gates.

Menurut ahli politik dari Universitas Miami, Prof Joseph Uscinski, mengatakan bahwa penyebab Bill Gates dikaitkan dengan teori liar itu adalah karena ia kaya dan namanya populer.

“Seharusnya tidak mengejutkan bahwa orang kaya dan perusahaan besar dituduh bersekongkon untuk meletakkan chip di leher kita karena itu adalah hal yang kita takuti. Ini telah menjadi amunisi teori konspirasi untuk waktu yang sangat lama,” ujar Uschnski.

Melansir BBC, Uschinski juga mengatakan bahwa teori konspirasi itu tentang orang-orang hebat yang melakukan hal-hal buruk. Pada dasarnya teori itu sama, cuma namanya saja yang berubah.

Uschinski menyebutkan sejumlah nama besar yang dikaitkan dengan teori konspirasi sebelum nama Bill Gates mencuat. Di antaranya ada nama George Soros dan keluarga Koch, Rockefeller, dan Rothscild.