Waktu Tempuh Dari Bumi ke Bulan: Berikut Pemaparannya
Waktu Tempuh Dari Bumi ke Bulan (Gambar Anna Asryan - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berapa lama waktu tempuh dari Bumi ke Bulan yang telah dicoba? Sebelumnya ketahui dahulu jarak Bumi ke bulan serta kecepatan ekspedisi ke situ. 

Pada jarak terdekatnya (perigee), Bulan berjarak 363,104 kilometer (225,623 mil) dari Bumi, serta jarak terjauh (apogee) yang didapatnya yakni 405, 696 kilometer (252,088 mil) sehingga jarak rata-ratanya merupakan 384,400 kilometer (238,855 mil).

Rata-rata, bila kalian bisa berkendara dalam garis lurus dengan kecepatan 100 mph (160 kpj), kalian membutuhkan waktu kurang lebih 99 hari, atau bila kalian berjalan dengan kecepatan 3,7 mph (6 kpj) kalian membutuhkan waktu 2.669 hari atau kurang lebih 7,3 tahun.

Berapa jaraknya dalam detik cahaya?

Cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 km per detik, sehingga diperlukan kurang lebih 1,3 detik untuk cahaya buat melangsungkan ekspedisi dari Bumi kembali ke Bulan. Dengan kata lain, Bulan berjarak 1,3 detik cahaya dari Bumi.

Waktu Tempuh dari Bumi ke Bulan

Rata-rata bakal memakan waktu 3 hari, namun itu bergantung seberapa cepat kalian bepergian serta rute yang pas yang kalian ambil.

1. 8 jam 35 menit

Rekor waktu ekspedisi terpendek ke Bulan di kala ini dipegang oleh pesawat ruang angkasa New Horizons dengan waktu 8 jam 35 menit.

2. 1 hari 10 jam

Pesawat ruang angkasa pertama yang berjuang menggapai Bulan yakni Luna 1 kepunyaan Uni Soviet pada tahun 1959. Kecepatannya tidak cukup lambat buat menuntaskan misinya, namun meraih sekitar Bulan dalam waktu 34 jam (1 hari 10 jam).

3. 13,5 bulan

SMART 1, pesawat ruang angkasa Badan Antariksa Eropa yang ditenagai oleh mesin ion, diluncurkan pada tahun 2003. Sangat hemat bahan bakar namun memerlukan waktu 13,5 bulan buat menuntaskan perjalanannya.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Bulan buat Mengorbit Bumi?

Siklus fase bulan memerlukan waktu 29,5 hari buat dituntaskan serta tersambung langsung ke orbit bulan mengelilingi bumi. Tetapi, ini bukan berapa lama waktu yang diperlukan buat menuntaskan satu orbit.

Kebalikannya, bulan memerlukan 27,3 hari buat mengorbit bumi satu kali. Perbandingan ini berasal dari metode kalian mengukur gerakan barang di ruang angkasa. Sebab tidak terdapat titik yang betul-betul tetap dalam ruang buat diukur, kalian terpaksa memakai objek yang dianggap tidak bergerak dalam tingkatan ketidakpastian yang normal.

Bintang serta galaksi yang sangat jauh, walaupun secara teknis bergerak, tidak nampak bergerak di langit pada rentang waktu manusia. Oleh sebab itu mereka bisa dikira tetap. Bila kalian mengukur gimana bulan mengorbit dibanding dengan bintang- bintang jauh ini, kalian memperoleh 27, 3 hari, periode orbit Bulan yang sesungguhnya.

Tetapi, fase bulan tergantung pada posisi bulan, Bumi, serta Matahari. Sepanjang Bulan mengorbit Bumi, Bumi sudah bergerak dalam orbitnya mengelilingi Matahari. Dampaknya, Bulan memerlukan sebagian hari ekstra buat mengejar serta kembali ke titik yang sama di ruang angkasa relatif terhadap Matahari. Karenanya siklus fase bulan 29, 5 hari.

Jadi setelah mengetahui waktu tempuh dari Bumi ke Bulan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!