Bagikan:

JAKARTA -Pada  Rabu, 26 Juli, perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti OpenAI, Microsoft, Google dari Alphabet, dan Anthropic mengumumkan peluncuran sebuah forum untuk mendukung pengembangan model pembelajaran mesin besar (LLM) yang aman dan bertanggung jawab.

Para pemimpin industri di bidang kecerdasan buatan menyatakan bahwa forum ini akan berfokus pada koordinasi penelitian keamanan dan pengungkapan praktik terbaik untuk apa yang disebut sebagai "model AI perbatasan" yang melebihi kemampuan yang ada pada model-model tercanggih saat ini.

Para model ini merupakan model dasar yang sangat mampu dan dapat memiliki kemampuan berbahaya yang cukup serius untuk menimbulkan risiko besar bagi keselamatan publik, seperti yang telah diingatkan oleh para pemimpin industri.

Model AI generatif, seperti yang digunakan dalam chatbot seperti ChatGPT, menggunakan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi untuk memberikan tanggapan dalam bentuk prosa, puisi, dan gambar.

Meskipun kasus penggunaan untuk model-model seperti ini sangat banyak, badan pemerintahan termasuk Uni Eropa dan pemimpin industri seperti CEO OpenAI, Sam Altman, telah menyatakan bahwa langkah-langkah pengamanan yang tepat diperlukan untuk mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh AI.

"Perusahaan yang menciptakan teknologi AI memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa teknologi tersebut aman, aman, dan tetap berada di bawah kendali manusia," kata Presiden Microsoft, Brad Smith, dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.

Badan industri, Frontier Model Forum, juga akan bekerja sama dengan pembuat kebijakan dan akademisi, memfasilitasi pertukaran informasi antara perusahaan dan pemerintah.

Badan ini tidak akan terlibat dalam lobi, seperti yang dijelaskan oleh juru bicara OpenAI, tetapi akan berfokus pada awalnya mengembangkan dan berbagi perpustakaan umum mengenai ukuran kinerja dan evaluasi teknis untuk model AI perbatasan.

Forum ini akan membentuk dewan penasihat dalam beberapa bulan mendatang serta mengatur pendanaan melalui kelompok kerja dan membuat dewan eksekutif untuk memimpin upayanya.

"Ini adalah pekerjaan yang mendesak dan forum ini sangat siap untuk bertindak cepat untuk memajukan keamanan AI," kata Anna Makanju, Wakil Presiden Urusan Global di OpenAI.