Studi Baru Universitas Ottawa: Usia Alam Semesta Hampir Dua Kali Lebih Tua dari Perkiraan Sebelumnya
Penelitian baru sebut Big Bang terjadi 26,7 miliar tahun yang lalu. (foto: dok. pixabay)

JAKARTA - Menurut sebuah studi baru yang menantang model kosmologi utama, Alam Semesta hampir dua kali lebih tua dari perkiraan sebelumnya. Para ahli dari Universitas Ottawa telah menyusun model baru dan menyatakan bahwa Big Bang terjadi 26,7 miliar tahun yang lalu. Ini hampir dua kali lebih tua dari perkiraan sebelumnya, yang menunjukkan bahwa alam semesta kita berusia 13,7 miliar tahun.

"Model yang kami susun secara baru ini memperpanjang waktu pembentukan galaksi beberapa miliar tahun, membuat usia alam semesta menjadi 26,7 miliar tahun, bukan 13,7 miliar seperti yang sebelumnya diestimasi," kata Profesor Rajendra Gupta, salah satu penulis studi tersebut dikutip MailOnline.

Sebelumnya, para ilmuwan telah menghitung usia alam semesta kita dengan mempelajari bintang-bintang tertua berdasarkan redshift cahaya dari galaksi-galaksi jauh. Pada tahun 2021, mereka menetapkan usia 13,797 miliar tahun untuk galaksi kita berdasarkan model ini. Namun, banyak ahli bingung dengan adanya bintang-bintang yang tampaknya bahkan lebih tua dari itu.

Misalnya, Methuselah, sebuah bintang di rasi Libra, diperkirakan berusia antara 13,65 miliar hingga 15,25 miliar tahun. Selain itu, Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA telah menemukan beberapa galaksi awal yang tampak berada dalam tahap evolusi yang maju.

Profesor Gupta menyatakan bahwa model sebelumnya berdasarkan redshift cahaya sudah "terlalu familiar."

"Dengan membiarkan teori ini berdampingan dengan alam semesta yang membesar, menjadi mungkin untuk menafsirkan redshift sebagai fenomena hibrida, bukan hanya karena ekspansi semata," jelasnya.

Sebagai gantinya, Profesor Gupta berpendapat bahwa kita harus memperkenalkan gagasan "konstanta-konstanta kopling" yang berkembang.

Konstanta-konstanta kopling adalah konstanta fisik mendasar yang mengatur interaksi antara partikel-partikel. Ide ini pertama kali dihipotesiskan oleh Paul Dirac pada tahun 1928, yang mengusulkan bahwa konstanta-konstanta ini mungkin telah berubah seiring waktu.

Dengan membiarkan mereka berkembang, rentang waktu untuk pembentukan galaksi-galaksi awal yang diamati oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA pada redshift tinggi dapat diperpanjang dari beberapa ratus juta tahun menjadi beberapa miliar tahun, menurut Profesor Gupta.

Dia juga menyarankan bahwa interpretasi tradisional "konstanta kosmologi," yang mewakili energi gelap yang bertanggung jawab atas percepatan ekspansi alam semesta, perlu direvisi. Sebagai gantinya, dia menyarankan konstanta yang mempertimbangkan evolusi konstanta-konstanta kopling.

"Modifikasi dalam model kosmologi ini membantu mengatasi teka-teki ukuran galaksi yang kecil yang diamati di alam semesta awal, sehingga memungkinkan pengamatan yang lebih akurat," tambahnya dalam pernyataan.