Pekerjaan di OECD Rentan Terhadap Automasi AI, Pekerja Khawatir Kehilangan Pekerjaan
Ilustrasi AI berdampak signifikan pada pekerjaan (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari seperempat pekerjaan di OECD bergantung pada keterampilan yang dapat dengan mudah diotomatisasi dalam revolusi kecerdasan buatan yang akan datang, dan pekerja khawatir mereka bisa kehilangan pekerjaan mereka akibat AI. Hal ini diungkapkan OECD pada Selasa, 11 Juli.

Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) adalah blok 38 anggota yang sebagian besar terdiri dari negara-negara kaya namun juga beberapa negara berkembang seperti Meksiko dan Estonia.

menurut OECD, belum ada bukti bahwa munculnya AI berdampak signifikan pada pekerjaan hingga saat ini, tetapi hal itu mungkin karena revolusi tersebut masih dalam tahap awal.

Pekerjaan dengan risiko tertinggi untuk diotomatisasi mencakup 27% dari angkatan kerja rata-rata di negara-negara OECD, dengan negara-negara di Eropa Timur paling rentan, demikian disebutkan dalam Laporan Prospek Kerja OECD 2023.

Pekerjaan dengan risiko tertinggi didefinisikan sebagai pekerjaan yang menggunakan lebih dari 25 dari 100 keterampilan dan kemampuan yang para ahli AI anggap dapat dengan mudah diotomatisasi.

Sementara itu, tiga dari lima pekerja khawatir bahwa mereka bisa kehilangan pekerjaan mereka akibat AI dalam 10 tahun ke depan, demikian ditemukan dalam survei OECD tahun lalu. Survei tersebut melibatkan 5.300 pekerja di 2.000 perusahaan di sektor manufaktur dan keuangan di tujuh negara OECD.

Survei tersebut dilakukan sebelum munculnya generative AI seperti ChatGPT yang sangat canggih.

Meskipun ada kecemasan tentang kemunculan AI, dua pertiga dari pekerja yang sudah bekerja dengan AI mengatakan bahwa otomatisasi telah membuat pekerjaan mereka menjadi lebih aman atau tidak membosankan.

"Bagaimana AI pada akhirnya akan mempengaruhi pekerja di tempat kerja dan apakah manfaatnya akan melebihi risikonya, akan bergantung pada tindakan kebijakan yang kita ambil," kata Sekretaris Jenderal OECD, Mathias Cormann, dalam konferensi pers yang dikutip Reuters.

"Pemerintah harus membantu pekerja untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan memanfaatkan peluang yang akan ditimbulkan oleh AI," lanjutnya.

Upah minimum dan perundingan kolektif dapat membantu mengurangi tekanan yang mungkin ditimbulkan oleh AI terhadap upah, sementara pemerintah dan regulator perlu memastikan bahwa hak-hak pekerja tidak terganggu, demikian menurut OECD