Viral di TikTok, Apa itu Gim RP dan Bagaimana Cara Memainkannya?
Apa itu gim roleplay di TikTok (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini sosial media diramaikan dengan salah satu tren viral di TikTok yang disebut dengan gim RP atau roleplay. Hal ini menjadi perbincangan netizen setelah satu video yang menunjukkan seorang ayah memarahi anak perempuannya yang sedang bermain gim RP di TikTok. 

Bukan tanpa sebab, dalam video yang berdurasi kurang lebih 17 detik itu menunjukkan seorang anak berusia 11 tahun, ketahuan bermain roleplay yang tidak sesuai dengan umurnya. Terlebih lagi, ia bermain dengan orang yang tidak dikenal. 

Jadi apa itu gim roleplay sebenarnya? Yuk kita simak sekarang. 

Apa itu Gim RP atau Roleplay

Roleplay merupakan sebuah permainan peran, di mana Anda sebagai roleplayer bisa menjadi orang lain yang Anda inginkan. Tapi, seringkali pemain rp berperan sebagai salah satu karakter dari buku, komik, film, acara TV atau artis. 

Setelah itu, di dunia roleplaying, Anda akan bersikap seolah-olah Anda adalah karakter tersebut. Mulai dari gaya bicara, sikap hingga aktivitas sehari-hari. 

Kemudian, Anda akan bermain peran dengan roleplayer lain di TikTok. Anda dan teman Anda bisa membangun cerita Anda sendiri di sana, dan saling berinteraksi dalam peran masing-masing. 

Bagaimana Cara Bermain RP di TikTok? 

Setelah Anda mengetahui apa itu gim roleplay, sebagian dari Anda mungkin saja tertarik untuk mencobanya. Berikut ini adalah cara untuk bermain gim rp di TikTok. 

  1. Pertama, buat akun TikTok menggunakan nama samaran atau nama karakter Anda
  2. Setelah itu, Anda bisa mencari roleplayer lain yang mungkin bersedia bermain rp bersama dengan menggunakan hastag #rp #roleplay atau hashtag lain yang berkaitan dengan roleplay
  3. Buat konten TikTok yang menggambarkan peran Anda. Bisa dalam bentuk teks berupa tangkapan layar hasil percakapan Anda dengan roleplayer lain, foto, ataupun video
  4. Selain itu, Anda bisa saling meninggalkan komentar, like, atau pesan pribadi ke akun teman roleplayer Anda. Di sana, Anda bisa seolah-olah membuat cerita sedang bertengkar, bermesraan, atau cerita lain
  5. Jangan lupa untuk menaati semua kebijakan aplikasi yang ada. Anda perlu menjaga etika antar roleplayer, dan tidak melanggar hukum serta norma yang ada. 

Alangkah lebih baik jika Anda bermain gim rp memilih karakter yang sesuai dengan usia Anda. Anda juga harus bisa membedakan kehidupan Anda antara dunia fiksi dan dunia nyata.