Petir Jadi Penyebab HP Bisa Meledak, Benarkah? Begini Penjelasannya
Ilustrasi HP yang berbahaya jika meledak. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian masyarakat percaya bahwa cuaca dan petir bisa menjadi salah satu penyebab HP bisa meledak. Bahkan muncul isu yang mengatakan bahwa ada seseorang yang tersambar petir karena bermain ponsel. Lalu, benarkan informasi tersebut?

Penyebab HP Bisa Meledak

Dikutip dari artikel yang diunggah di situs resmi Kominfo yang membahas tentang peristiwa penyambaran petir karena bermain ponsel, dijelaskan bahwa informasi tersebut tidaklah benar.  Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa petir bukan jadi penyebab ponsel meledak seperti yang dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Spesialis keselamatan kilat di National Weather Service menjelaskan bahwa petir tak menyambar smartphone. Bahkan keduanya tak berkaitan satu sama lain. Ada tiga faktor yang memicu petir untuk menyambar suatu objek yakni lokasi objek yang ada di ketinggian, bentuk benda yang runcing, dan bahan isolasi yang digunakan pada suatu objek.

Akan tetapi seseorang bisa saja tersambar petir saat bermain HP jika orang tersebut berdiri di tengah lapangan dalam kondisi cuaca hujan dan berpetir. Namun potensi tersebut tidak terjadi jika Anda menggunakan ponsel di dalam rumah meski petir menyambar-nyambar.

Namun patut diketahui bahwa ada beberapa penyebab HP bisa terbakar hingga meledak yakni sebagai berikut.

  1. Kerusakan Ponsel

Potensi ponsel meledak besar saat ponsel mengalami kerusakan tertentu. Misalnya, adanya korsleting komponen listrik pada ponsel yang disebabkan oleh benda cair. Saat ponsel dipaksa menyala, ada kemungkinan ponsel terbakar hingga meledak.

  1. Charger Imitasi

Sangat disarankan untuk Anda menggunakan charger original atau yang memiliki kualitas baik. Harus diketahui bahwa setiap ponsel memiliki spesifikasi yang berbeda menyesuaikan teknologi yang ditanamkan pada ponsel.

Penggunaan charger imitasi atau palsu berpotensi menyebabkan ponsel rusak dan tidak berumur panjang. Lebih parahnya lagi, ponsel bisa terbakar hingga meledak.

  1. Baterai Imitasi

Tak kalah penting dengan charger, baterai ponsel juga sangat vital. Saat Anda memutuskan untuk mengganti baterai ponsel disarankan untuk memilih baterai original atau merk yang terpercaya berkualitas tinggi. Baterai imitasi biasanya dibuat tidak sesuai standard yang sudah ditetapkan sehingga membuat ponsel panas hingga terbakar.

  1. Suhu Panas

Pernahkah Anda mendengar ponsel meledak saat diletakkan di bagasi sepeda motor? Hal ini dipicu oleh beragam faktor salah satunya adalah suhu panas. Saat panas yang ada di bagasi sepeda motor akan meningkat suhu ponsel dan memicu percikan api hingga menyambar tangki bensin sepeda motor. Hindari menyimpan ponsel di tempat yang bersuhu tinggi.

  1. Isi Ulang Daya Ponsel di Ruangan Bersuhu Tinggi

Harus diketahui bahwa suhu ponsel akan naik terutama saat pengisian daya. Jika isi ulang daya ponsel dilakukan di ruangan bersuhi tinggi, maka potensi ponsel meledak sangat besar. Lakukan pengisian daya di ruangan sejuk dan tidak langsung terpapar matahari.

  1. Menimpa Ponsel dengan Barang Berat dan Mudah Terbakar

Jangan pernah berpikir untuk menimpa ponsel dengan benda berat atau yang mudah terbakar terutama ketika sedang isi ulang daya. Tekanan pada ponsel akan berdampak pada baterai ponsel. Hal itu dapat memicu ponsel terbakar.

Itulah informasi terkait penyebab HP bisa meledak. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.