JAKARTA - Operator seluler Indosat Ooredo Hutchison mencatat terjadi kenaikan trafik data sebesar 25 persen dari layanannya di masa puncak Lebaran 2023. Adapun puncak Lebaran yang dimaksud ialah saat malam takbiran.
Peningkatan tersebut terjadi jika dibandingkan dengan masa Lebaran 2022. "Tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat,” ujar SVP - Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison Agus Sulistio dalam siaran persnya, Senin, 24 April.
Secara khusus untuk 2023, Indosat memang tengah mempersiapkan kapasitasnya dengan lebih optimal bahkan menyiapkan pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat maupun regional.
Dalam periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen, disusul perpesanan dan panggilan video naik 28 persen, akses untuk gim mobile sebesar 14 persen, serta streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan lebaran tahun lalu.
Tercatat pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya. Ini juga termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.
Indosat turut mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15 persen di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini.
Melalui analisa yang berdasarkan data statistik di masa libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban.
Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.
Berbagai aktivitas peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan secara terpusat dan di lapangan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik.
Untuk menjaga performa jaringan Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis.
Dengan peralatan dan dashboard khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari,sebanyak 74 persen tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan.
“Dengan jaringan Indosat yang 100 persen terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka,” tutup Agus.