Mengenal Pluang: Platform Investasi Mulai dari Kripto, Emas, Hingga Saham AS
Platform investasi Pluang. (Foto; Dok. Pluang)

Bagikan:

JAKARTA - Investasi cryptocurrency di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat sepanjang tahun 2021. Berdasarkan data dari berbagai sumber, jumlah investor aset kripto di Indonesia mencapai lebih dari 9 juta orang per Oktober 2021, naik 138 persen dari tahun sebelumnya.

Nilai transaksi aset kripto juga meningkat 636 persen dari Rp 65 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 478,5 triliun sampai Juli 2021. Indonesia menempati peringkat 30 besar dalam kepemilikan aset kripto di dunia, di bawah Malaysia dan Vietnam.

Perkembangan ini didorong oleh berbagai faktor, antara lain adanya regulasi yang mendukung dari Bappebti sebagai otoritas yang mengawasi perdagangan aset kripto di Indonesia. Bappebti telah mengeluarkan daftar 13 bursa aset kripto yang legal dan 229 aset kripto yang sah diperdagangkan di Indonesia.

Selain itu, Bappebti juga sedang berdiskusi dengan DJP mengenai rencana pengenaan pajak penghasilan (PPh) final bagi investor aset kripto, yang diusulkan sebesar 0,05 persen, lebih rendah dari pajak saham yang sebesar 0,1 persen.

Perkembangan aset kripto dan investasi cryptocurrency di Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat semakin tertarik dan percaya dengan potensi aset digital ini sebagai alternatif investasi masa depan.

Namun, investor juga harus berhati-hati dengan risiko-risiko yang ada, seperti volatilitas harga, penipuan, dan keamanan data. Oleh karena itu, investor harus memilih bursa aset kripto yang terpercaya, beredukasi tentang aset kripto, dan mengelola portofolio investasi dengan bijak.

Investasi cryptocurrency di Indonesia lewat aplikasi Pluang adalah salah satu pilihan yang menarik dan menguntungkan. Pluang adalah aplikasi investasi yang menyediakan berbagai produk, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya. Pluang adalah salah satu platform exchange kripto terbesar di Indonesia yang terdaftar di BAPPEBTI.

Dengan Pluang, Anda bisa membeli dan menjual aset kripto dengan mudah, aman, dan terjangkau mulai dari Rp5.000 saja. Pluang juga menawarkan fitur Pluang Cuan yang memungkinkan Anda mendapatkan bunga per tahun dari aset kripto Anda.

Mengenal Pluang

Menurut laman resmi Pluang, “kisah Pluang dimulai pada tahun 2015 di Harvard Business School, tempat Claudia Kolonas dan Richard Chua bertemu sebagai teman sekelas. Mereka berbagi ketertarikan dalam dunia investasi, teknologi, dan kewirausahaan.”

Keduanya melihat minimnya masyarakat Indonesia dalam berinvestasi. Jika ada untuk berinvestasi di saat itu masyarakat dikenai biaya yang mahal dengan kelas aset yang terbatas. Tidak lama kemudian, keduanya melihat peluang besar dari permasalahan tersebut dengan menghadirkan Pluang.  

“Pluang telah menjadi perusahaan teknologi finansial yang mempunyai misi besar yaitu membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat terhadap produk-produk keuangan. Pluang memiliki misi untuk dapat menggapai seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat menengah ke bawah ataupun masyarakat menengah ke atas,” tulis keterangan Pluang.

Menurut keterangan dari laman resminya, saat ini Aplikasi Pluang telah menyediakan beberapa produk investasi, di antaranya:

1. Emas

Pluang memberikan kemudahan dan menawarkan cara modern untuk berinvestasi emas. Anda dapat melakukan pembelian emas mulai dari 0,01 gram saja dan Anda sudah dapat memiliki aset berupa saldo emas secara digital di Pluang. Selain dapat melakukan pembelian dan penjualan aset emas kapan saja dan dimana saja, Anda juga dapat mengirimkan emas ke teman Anda dengan fitur Gift Emas di Pluang.

2. Equitas Global

  • S&P 500

Pluang merupakan platform aplikasi pertama yang bisa memberikan akses ke pasar saham Amerika Serikat (S&P 500) di Indonesia. Pluang menghadirkan micro e-mini S&P index futures yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange. Harga indeks micro e-mini S&P index futures akan berubah setiap saat dan dapat ditemukan pada Aplikasi Pluang, Anda dapat membeli mulai dari 0,1 unit dengan minimal kisaran harga 1 dolar AS  atau senilai kurang lebih Rp15.000,- bergantung pada kurs dan harga pada saat itu.

  • NASDAQ 100

Selain indeks saham S&P 500, Pluang juga menyediakan produk investasi lainnya yakni micro e-mini NASDAQ 100 index futures merupakan produk investasi berjangka yang ditransaksikan pada bursa CME (Chicago Merchantile Exchange). NASDAQ 100 adalah sebuah index yang terdiri dari saham 100 perusahaan non - finansial terbesar dan terdaftar di bursa NASDAQ Amerika Serikat.

Harga indeks micro e-mini NASDAQ index futures akan berubah setiap saat dan Anda dapat membeli aset tersebut mulai dari 0,1 unit dengan kisaran harga 1 dolar AS atau senilai kurang lebih Rp15.000. Bergantung pada kurs dan harga pada saat itu.

3. Saham AS

Tidak hanya indeks saham,  Pluang juga menyediakan Saham AS yang dikelola oleh PT PG Berjangka. Dimana transaksi Anda dijamin oleh Indonesia Clearing House (ICH). Selain itu, Anda juga berhak menerima dividen saat perusahaan membayarnya.

4. Aset Kripto

Perdagangan aset kripto di Pluang difasilitasi oleh  PT Bumi Sentosa Cemerlang (BSC) selaku pedagang aset kripto. Di mana BSC sudah terdaftar di BAPPEBTI. Aset kripto dapat dibeli mulai dari Rp 5.000 saja. Saat ini Pluang menyediakan berbagai jenis koin kripto yang dapat dicek langsung di aplikasi Pluang.

5. Reksadana

Pluang juga menawarkan berbagai macam produk reksadana. Untuk reksadana, dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dialokasikan ke berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksadana, dan sebagainya.