Substack Resmi Meluncurkan <i>Notes</i> kepada Semua Pengguna
Fitur Notes substack resmi diluncurkan (foto: Substack)

Bagikan:

JAKARTA - Substack resmi meluncurkan fitur Notes, sebuah ruang baru tempat Anda dapat menerbitkan postingan bentuk pendek dan berbagi ide dengan penulis dan pembaca lain, kepada seluruh pengguna. 

Notes diharapkan dapat membantu karya penulis ditemukan oleh lebih banyak pembaca baru di Substack. Dengan Notes, Anda dapat membagikan tautan, gambar, pemikiran cepat, dan cuplikan dari postingan Substack. 

"Selain ringan dan menyenangkan, kami berharap Notes akan membantu penulis meningkatkan pemirsa dan pendapatan mereka," tulis perusahaan dalam pengumumannya, dikutip Rabu, 12 April. 

Diluncurkan beberapa minggu lalu kepada sekelompok kecil penulis untuk dilakukan uji coba, Substack berharap pengguna dapat melaporkan jika ditemukan bug atau ketidaksempurnaan lain untuk diperbaiki ke depannya. 

Di dalam tab Notes, Anda dapat melihat dua feed berbeda, yaitu "Home" dan "Subscribed". Feed Home akan menampilkan Notes dari penulis langganan Anda dan penulis yang mereka rekomendasikan, artinya Anda akan melihat catatan dari orang yang belum Anda kenal. Sedangkan feed Subscribe hanya akan menampilkan Notes dari orang yang Anda berlangganan.

Alih-alih memposting Substack Anda di Twitter, Substack percaya bahwa Notes akan menjangkau audiens yang "sudah berinvestasi di ekosistem Substack dan hanya berjarak satu klik dari langganan".

Setelah drama sebelumnya, Twitter mengatakan bahwa platform milik Elon Musk itu telah menarik kembali pembatasannya pada Substack, jadi beberapa penulis mungkin dapat memilih untuk tetap menggunakan Twitter untuk berbagi tautan Substack. 

"Notes akan membantu postingan menemukan audiens yang berharga dari penulis dan pembaca yang sudah berinvestasi di ekosistem Substack dan hanya berjarak satu klik dari langganan," tutup perusahaan.