Do Kwon Berhasil Diringkus Pihak Berwajib di Montenegro, Begini Nasib Pendiri Terra LUNA!
Do Kwon, pendiri Terraform Labs. (Foto; Dok. Beincrypto)

Bagikan:

JAKARTA – Publik dikejutkan oleh kabar tertangkapnya pendiri Terraform Labs, Do Kwon, di bandara Podgorica di Montenegro. Hal ini diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Filip Adzic melalui akun Twitter resminya pada Kamis pagi, 23 Maret 2023, waktu Amerika Serikat.

Kwon dilaporkan telah bersembunyi untuk menghindari kejaran pihak berwenang Korea Selatan dan tuntutan hukum dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait tuduhan melakukan penipuan miliaran dolar dan menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

Do Kwon, pendiri Terraform Labs dilaporkan telah ditangkap di Montenegro. Filip Adzic, Menteri Dalam Negeri Montenegro, mengumumkan berita tersebut melalui akun Twitter resminya pada Kamis pagi.

Adzic mengonfirmasi bahwa Kwon, yang dianggap sebagai salah satu buronan dunia, ditahan oleh polisi Montenegro di bandara Podgorica. Kwon, seorang warga negara Korea Selatan, dituduh melakukan operasi penipuan bernilai miliaran dolar dan menjual sekuritas yang tidak terdaftar bersama Terraform Labs yang berbasis di Singapura.

Beberapa waktu terakhir, Do Kwon diduga bersembunyi di Singapura, Dubai, atau Serbia. Namun, penangkapannya di Montenegro telah mengungkap keberadaannya. SEC Amerika Serikat telah menuntut Kwon dan Terraform Labs atas tuduhan melakukan operasi penipuan dan menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

Adzic menjelaskan bahwa Kwon ditahan di bandara Podgorica dengan menggunakan dokumen palsu. Ia juga menjadi buronan bagi tiga negara, yaitu Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Singapura. Namun, pihak berwenang Montenegro masih menunggu konfirmasi resmi identitas Kwon.

Menurut surat kabar Korea Selatan, Yonhap, Kepolisian Nasional telah meminta informasi sidik jari dari otoritas Montenegro. Mereka juga memverifikasi identitas Kwon dengan menggunakan data foto dan kartu identitas yang dimilikinya.

Penangkapan Do Kwon di Montenegro adalah sebuah kejutan besar bagi dunia fintech. Kejadian ini menunjukkan bahwa tindakan penipuan dalam bisnis digital sangatlah serius dan berbahaya. Publik akan terus mengikuti perkembangan kasus ini untuk mengetahui hasil dari investigasi dan penuntutan hukum terhadap Do Kwon dan Terraform Labs.