Bagikan:

JAKARTA - Di Twitter, Anda dapat menemukan berbagai jenis topik, mulai dari berita terhangat, cerita pendek berbentuk Thread (Utas), tutorial cara melakukan sesuatu, dan masih banyak lagi. 

Menariknya lagi, Anda bisa menemukan itu semua melalui bilah pencarian Twitter, dengan hanya memasukkan kata kunci dari topik yang Anda maksud saja. Nantinya, pencarian Anda akan tersimpan otomatis di Twitter. 

Namun, jika Anda ingin menghapus pencarian Anda, Twitter menyediakan banyak opsi untuk melakukannya. Untuk itu, simak tutorial yang akan VOI berikan kali ini. 

Pencarian Tersimpan vs. Pencarian Terbaru di Twitter

Sebelum menghapus pencarian Twitter, perlu diketahui bahwa Twitter akan menyimpan dua jenis pencarian, yaitu pencarian tersimpan dan pencarian terkini.

Pencarian terkini adalah kata kunci yang Anda masukkan di bilah pencarian di Twitter selama beberapa waktu. Misalnya, jika Anda mencari "kucing" di Twitter, itu akan ada di daftar pencarian terbaru Anda.

Sedangkan pencarian tersimpan adalah kata kunci yang Anda simpan secara khusus untuk referensi di masa mendatang. Misalnya, jika Anda ingin melacak tweet tentang topik tertentu atau dari seseorang, Anda dapat menyimpan kueri agar mudah diakses nanti.

Cara Menghapus Pencarian Tersimpan Anda di Twitter

Di Ponsel:

  1. Buka aplikasi Twitter di ponsel Anda
  2. Buka tab Cari di aplikasi Twitter dan ketuk bilah pencarian
  3. Ketuk kueri penelusuran yang ingin Anda hapus
  4. Tap elipsis vertikal dan pilih Hapus penelusuran

Jika Anda juga ingin menghapus pencarian terbaru, ketuk ikon x tepat di bawah bilah pencarian. 

Di Desktop:

  1. Buka akun Twitter melalui web browser apapun
  2. Klik pada bilah pencarian
  3. Klik ikon tempat sampah sesuai dengan permintaan pencarian

Anda juga dapat menghapus pencarian terbaru Anda dengan cara yang sama. Cukup klik ikon X sesuai dengan kueri penelusuran yang ingin Anda hapus.