Petpuls Kalung Pintar Penerjemah Gonggongan Anjing
Kalung Pintar Petpuls (Petpuls)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2021 menampilkan perangkat khusus untuk hewan peliharaan, yaitu kalung pintar Petpuls berbasis kecerdasan buatan (AI).

Kalung Petpuls memanfaatkan teknologi pengenalan suara untuk mendeteksi dan melacak lima emosi yang berbeda. Perangkat ini dapat menganalisis nada gonggongan anjing ketika dalam keadaan bahagia, cemas, marah, sedih maupun santai.

Perangkat yang dipasang di bagian leher anjing ini dapat memberitahu maksud anjing ketika menggonggong. Pengguna dapat mengetahui arti gonggongan melalui aplikasi yang sudah dipasang di smartphone.

Petpuls tidak hanya mampu membaca suasana hati binatang peliharaan, kalung ini juga menyertakan akselerometer yang mampu melacak aktivitas anjing dan pola makannya, seperti yang dikutip dari Techcrunch, Senin, 11 Januari.

“Petpuls memberikan pandangan komprehensif terkait kesehatan anjing yang memungkinkan pemilik untuk merawat hewan peliharaan secara proaktif dan personal,” tulis laman resmi CES.

Kalung pintar ini juga memiliki kemampuan untuk mengukur waktu istirahat binatang peliharaan. Rata-rata waktu tidur anjing 14 jam per harinya.

Dengan Petpuls yang bisa memantau waktu istirahat anjing memungkinkan pemilik agar bisa merawat binatang peliharaannya dengan cara lebih baik.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) menggunakan algortima dalam menentukan suasana hati dan telah mengumpulkan data lebih dari 50 ras anjing.

Riset dan pengujian teknologi ini dilakukan oleh Seoul National University yang mengembangkan Petpuls ke tingkat akurasi pengenalan emosi hingga lebih dari 80 persen.

Perangkat ini bisa tahan air dengan IP54, Petpuls masih aman digunakan meskipun hujan. Namun, pemilik harus melepaskan kalung pintar ini ketika memandikan anjing kesayangannya.

Perangkat ini dapat berfungsi selama 10 jam dengan sekali pengisian daya. Disarankan untuk mengisi ulang daya setiap malam. Petpuls versi kecil dibanderol seharga 99 dolar AS (setara Rp1,4 jutaan), sedangkan kalung berukuran besar dijual seharga 180 dolar AS (setara Rp2,5 jutaan).

Kalung pintar Petpuls tersedia dalam 5 varian warna, oranye, biru, hijau, merah muda, dan turqoise. Petpuls sudah dapat dibeli di laman resminya di tautan ini.