Apa Itu Open Source? Berikut Penjelasannya
Tahukah Anda apa itu open source? (Foto EduCBA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Istilah open source mengacu pada sesuatu yang dapat dimodifikasi dan dibagikan orang karena desainnya dapat diakses publik. Lalu apa itu open source?

Istilah ini berasal dari konteks pengembangan perangkat lunak untuk menunjukkan pendekatan khusus untuk membuat program komputer. Namun, hari ini, "Open Source" menunjukkan serangkaian nilai yang lebih luas yang kita sebut "the open source way". Proyek, produk, atau inisiatif open source merangkul dan merayakan prinsip pertukaran terbuka, partisipasi kolaboratif, pembuatan prototipe cepat, transparansi, meritokrasi, dan pengembangan berorientasi komunitas.

Apa Itu Open Source

Perangkat lunak sumber terbuka adalah perangkat lunak dengan kode sumber yang dapat diperiksa, dimodifikasi, dan ditingkatkan oleh siapa pun.

"Kode sumber" adalah bagian dari perangkat lunak yang tidak pernah dilihat oleh sebagian besar pengguna komputer; itu adalah kode yang dapat dimanipulasi oleh pemrogram komputer untuk mengubah cara kerja suatu perangkat lunak—sebuah "program" atau "aplikasi".

Pemrogram yang memiliki akses ke kode sumber program komputer dapat meningkatkan program tersebut dengan menambahkan fitur ke dalamnya atau memperbaiki bagian yang tidak selalu berfungsi dengan benar.

Apa perbedaan antara perangkat lunak Open Source dan jenis perangkat lunak lainnya?

Beberapa perangkat lunak memiliki kode sumber yang hanya dapat diubah oleh orang, tim, atau organisasi yang membuatnya—dan mempertahankan kontrol eksklusif atasnya. Orang menyebut perangkat lunak semacam ini sebagai perangkat lunak "proprietary" atau "closed source".

Hanya penulis asli perangkat lunak berpemilik yang dapat menyalin, memeriksa, dan mengubah perangkat lunak tersebut secara legal. Dan untuk menggunakan perangkat lunak berpemilik, pengguna komputer harus setuju (biasanya dengan menandatangani lisensi yang ditampilkan saat pertama kali mereka menjalankan perangkat lunak ini) bahwa mereka tidak akan melakukan apa pun dengan perangkat lunak yang tidak diizinkan secara tegas oleh pembuat perangkat lunak. Microsoft Office dan Adobe Photoshop adalah contoh perangkat lunak berpemilik.

Perangkat lunak sumber terbuka berbeda. Pembuatnya membuat kode sumbernya tersedia bagi orang lain yang ingin melihat kode itu, menyalinnya, belajar darinya, mengubahnya, atau membagikannya. LibreOffice dan Program Manipulasi Gambar GNU adalah contoh perangkat lunak sumber terbuka.

Seperti yang mereka lakukan dengan perangkat lunak berpemilik, pengguna harus menerima ketentuan lisensi saat mereka menggunakan perangkat lunak sumber terbuka—namun ketentuan hukum lisensi sumber terbuka berbeda secara dramatis dari lisensi berpemilik.

Lisensi sumber terbuka memengaruhi cara orang menggunakan, mempelajari, memodifikasi, dan mendistribusikan perangkat lunak. Secara umum, lisensi sumber terbuka memberikan izin kepada pengguna komputer untuk menggunakan perangkat lunak sumber terbuka untuk tujuan apa pun yang mereka inginkan.

Beberapa lisensi open source—apa yang oleh beberapa orang disebut lisensi "copyleft"—menetapkan bahwa siapa pun yang merilis program open source yang dimodifikasi juga harus merilis kode sumber untuk program tersebut di sampingnya. Selain itu, beberapa lisensi sumber terbuka menetapkan bahwa siapa pun yang mengubah dan berbagi program dengan orang lain juga harus membagikan kode sumber program tersebut tanpa membebankan biaya lisensi untuk itu.

Secara desain, lisensi perangkat lunak open source mempromosikan kolaborasi dan berbagi karena mengizinkan orang lain untuk membuat modifikasi pada kode sumber dan memasukkan perubahan tersebut ke dalam proyek mereka sendiri. Mereka mendorong pemrogram komputer untuk mengakses, melihat, dan memodifikasi perangkat lunak open source kapan pun mereka mau, selama mereka membiarkan orang lain melakukan hal yang sama saat mereka berbagi pekerjaan.

Apakah perangkat lunak Open Source hanya penting bagi pemrogram komputer?

Tidak. Teknologi open source dan pemikiran open source menguntungkan programmer dan non-programmer.

Karena penemu awal membangun sebagian besar Internet itu sendiri pada teknologi open source—seperti sistem operasi Linux dan aplikasi server Web Apache—siapa pun yang menggunakan Internet saat ini mendapat manfaat dari perangkat lunak open source.

Setiap kali pengguna komputer melihat halaman web, memeriksa email, mengobrol dengan teman, streaming musik online, atau bermain video game multipemain, komputer, ponsel, atau konsol game mereka terhubung ke jaringan komputer global menggunakan perangkat lunak sumber terbuka untuk merutekan dan mengirimkan data mereka. data ke perangkat "lokal" yang mereka miliki di depan mereka. Komputer yang melakukan semua pekerjaan penting ini biasanya terletak di tempat yang jauh yang tidak benar-benar dilihat atau tidak dapat diakses secara fisik oleh pengguna—itulah sebabnya sebagian orang menyebut komputer ini "komputer jarak jauh".

Semakin banyak orang mengandalkan komputer jarak jauh saat melakukan tugas yang mungkin mereka lakukan di perangkat lokal mereka. Misalnya, mereka mungkin menggunakan perangkat lunak pengolah kata online, manajemen email, dan pengedit gambar yang tidak mereka instal dan jalankan di komputer pribadi mereka. Sebaliknya, mereka cukup mengakses program ini di komputer jarak jauh dengan menggunakan browser Web atau aplikasi ponsel. Saat melakukan ini, mereka terlibat dalam "komputasi jarak jauh".

Beberapa orang menyebut komputasi jarak jauh "komputasi awan", karena melibatkan aktivitas (seperti menyimpan file, berbagi foto, atau menonton video) yang menggabungkan tidak hanya perangkat lokal tetapi juga jaringan global komputer jarak jauh yang membentuk "atmosfer" di sekitar mereka.

Komputasi awan adalah aspek yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari dengan perangkat yang terhubung ke Internet. Beberapa aplikasi komputasi awan, seperti Google Apps, adalah hak milik. Lainnya, seperti ownCloud dan Nextcloud, adalah open source.

Aplikasi komputasi awan berjalan "di atas" perangkat lunak tambahan yang membantunya beroperasi dengan lancar dan efisien, sehingga orang akan sering mengatakan bahwa perangkat lunak yang berjalan "di bawah" aplikasi komputasi awan bertindak sebagai "platform" untuk aplikasi tersebut. Platform komputasi awan dapat berupa sumber terbuka atau sumber tertutup. OpenStack adalah contoh platform komputasi awan sumber terbuka.

Jadi setelah mengetahui apa itu open source, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait