Cari Tahu Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun Twitter Anda Disusupi
Cara mengetahui akun Twitter yang disusupi (foto: @TwitterSafety)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai platform media sosial yang cukup populer saat ini, Twitter berkomitmen untuk membantu semua orang di Twitter untuk menjaga keamanan akun pengguna.

Twitter mengungkapkan bahwa siapa pun pengguna yang merasa akunnya disusupi orang lain, Twitter akan membantu mereka mendapatkan kembali akses dan kontrol atas akunnya sendiri.

"Jika Anda masih bisa masuk, mulailah dengan mengubah kata sandi. Pastikan alamat email Anda aman, tinjau aplikasi pihak ketiga yang dapat mengakses akun Anda, dan pertimbangkan untuk menggunakan 2FA," tulis perusahaan dalam tweetnya, Kamis, 5 Januari.

Cara Mencari Tahu Akun Anda Disusupi atau Tidak

  • Melihat Tweet tak terduga dari akun Anda
  • Melihat Pesan Langsung yang tidak diinginkan yang dikirim dari akun Anda
  • Mengamati perilaku akun lain yang tidak Anda buat atau setujui (seperti mengikuti, berhenti mengikuti, atau memblokir)
  • Menerima pemberitahuan dari kami yang menyatakan bahwa akun Anda mungkin disusupi
  • Menerima pemberitahuan dari kami yang menyatakan bahwa informasi akun Anda telah berubah, padahal Anda tidak mengubahnya
  • Melihat kata sandi Anda tidak lagi berfungsi dan Anda diminta untuk mengatur ulang

Jika Anda melihat perilaku-perilaku mencurigakan seperti yang disebutkan tadi, beberapa langkah rekomendasi Twitter yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Mengganti kata sandi

Anda bisa mengubah kata sandi Anda dari tab Kata Sandi di pengaturan. Jika Anda keluar, buka Login dan klik Lupa Kata Sandi untuk mengatur ulang kata sandi Anda. Silakan pilih kata sandi yang kuat yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya. Jika Anda tidak dapat masuk, akun Anda mungkin telah diretas

Pastikan alamat email Anda terlindungi

Pastikan alamat email yang dilampirkan ke akun Anda aman dan hanya Anda yang dapat mengaksesnya. Anda dapat mengubah alamat email dari aplikasi Twitter (iOS atau Android) atau dengan masuk ke twitter.com dan mengunjungi tab Pengaturan akun. 

Cabut koneksi ke aplikasi pihak ketiga

Saat masuk, kunjungi Aplikasi di pengaturan Anda. Cabut akses untuk aplikasi pihak ketiga mana pun yang tidak Anda kenali.

Perbarui kata sandi Anda di aplikasi pihak ketiga terpercaya

Jika aplikasi eksternal tepercaya menggunakan kata sandi Twitter Anda, pastikan untuk memperbarui kata sandi Anda di aplikasi tersebut. Jika tidak, Anda mungkin sementara terkunci dari akun Anda karena upaya login yang gagal.