Trust Wallet Hadirkan Layanan Staking Cardano (ADA) untuk Pengguna iOS
Trust Wallet hadirkan layanan staking untuk koin ADA. (Foto; Dok. Coin Kurier)

Bagikan:

JAKARTA – Trust Wallet merupakan aplikasi dompet kripto non-kustodian resmi Binance. Belum lama ini, Trust Wallet mengumumkan dukungan staking kripto Cardano (ADA) dalam layanannya. Dukungan tersebut baru tersedia untuk pengguna iOS.

Dengan hadirnya layanan staking tersebut, Trust Wallet memungkinkan pengguna untuk mendapat imbalan berupa kripto atas kepemilikan ADA. Imbalan atau reward tersebut didapatkan dari bunga yang dihasilkan pengguna yang turut mengamankan jaringan pada perangkat tersebut.

Menurut Trust Wallet, Cardano staking sekarang juga tersedia di perangkat iOS setelah pertama kali diluncurkan di perangkat Android awal bulan ini.

“Hai pengguna iOS! Anda sekarang dapat melakukan staking @Cardano $ADA juga, dengan mudah dan langsung di #TrustWallet Anda!” tulis pihak Trust Wallet dalam postingan Twitter, 27 Desember 2022.

Cara Staking ADA di Trust Wallet

Untuk mempertaruhkan Cardano di Trust Wallet, pengguna hanya perlu mengirim kripto ADA ke dompet mereka atau membelinya terlebih dahulu, lalu klik tombol "Stake" yang akan muncul saat mereka mencatatkan aset.

Investor kemudian dapat memilih validator yang ingin mereka staking. Imbalan untuk mempertaruhkan mata uang kripto tidak secara otomatis di-restake. Selain itu, minimal 4 koin ADA diperlukan bagi pengguna untuk dapat melakukan staking dan unstake dana mereka.

Melansir CryptoGlobe, penggunaan smart contracat di jaringan Cardano telah melonjak 340 persen dalam setahun terakhir, karena pengembang terus memanfaatkan jaringan mata uang kripto meskipun pasar sedang bearish.

Plutus adalah "platform smart contract dari blockchain Cardano" yang memungkinkan pengguna untuk "menulis aplikasi yang berinteraksi dengan blockchain Cardano."

Khususnya, dalam Laporan Aset terbarunya, CryptoCompare mengungkapkan bahwa setelah runtuhnya FTX, ada tren yang meningkat pada pengguna yang memindahkan aset mereka dari platform cryptocurrency terpusat dan memindahkannya ke solusi terdesentralisasi dan penitipan mandiri.

Langkah tersebut memicu terjadinya lonjakan rata-rata pengguna aktif harian di platform smart contract. Secara total, pengguna aktif harian Cardano naik 15,6 persen menjadi 75.800 bulan lalu, jumlah tertinggi yang tercatat sejak Mei.

Demikian pula, transaksi bulanan di jaringan Cardano juga naik 5,34 persen menjadi 2,32 juta pada bulan lalu, menandai volume transaksi terbesar sejak April 2022.