Bank Sentral Spanyol Siap Uji Coba Uang Digital CBDC
Bank of Spain atau Banco de Espana akan uji coba uang digital. (Foto; Dok. Koin Kafasi)

Bagikan:

JAKARTA – Bank sentral Spanyol, Bank of Spain dilaporkan segera merilis mata uang digital bank sentral (CBDC) tapi untuk uji coba. Institusi keuangan Spanyol itu telah meluncurkan dokumen terkait program CBDC-nya.

Dalam dokumen, Bank of Spain mengumumkan rencana kolaborasi dengan perusahaan terkait guna merumuskan proposal mereka terkait mata uang digital bank sentral. Dokumen telah dirilis pada 5 Desember lalu.  

Bank of Spain menjelaskan program tersebut tidak terkait dengan upaya yang dilakukan Uni Eropa dalam riset euro digital. Tujuan dari program baru ini adalah untuk menunjukkan kelayakan penggunaan mata uang digital dan menguji keuntungan yang mungkin dibawa ke proses penyelesaian.

Rencananya bank Spanyol akan menerima proposal CBDC dari perusahaan terkait hingga 31 Januari 2023. Dengan begitu bank akan mengevaluasi setiap proposal untuk diseleksi. Proposal yang terpilih akan diimplementasikan dalam jangka waktu tidak lebih dari sembilan bulan, dimulai pada tanggal 3 April, dengan perkiraan penyelesaiannya pada 29 Desember 2023.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi bank sentral untuk mengeluarkan perpanjangan waktu tergantung pada beberapa faktor, sebagaimana yang tertera dalam dokumen untuk proses seleksi.

Uang digital keluaran Bank of Spain ditujukan untuk aktivitas perdagangan grosir guna membantu penyelesaian transaksi keuangan antar lembaga perbankan. Program yang didefinisikan dalam dokumen publik yang menjelaskan eksperimen memberikan tiga tugas utama yang harus diselesaikan.

Ketiga task tersebut meliputi: simulasi transaksi menggunakan CBDC grosir, eksperimen dengan kombinasi CBDC dan likuidasi aset keuangan, dan analisis kemungkinan keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari penerapan CBDC grosir bila dibandingkan dengan metode tradisional.

Lembaga tersebut tidak menawarkan rincian lebih lanjut tentang masa depan mata uang grosir hipotetis di Spanyol, atau tentang niat menerapkan mata uang serupa untuk transaksi antar bank sebagaimana dilansir Bitcoin.com News.