Musim Dingin Kripto Masih Berlangsung, Canaan Tetap Ekspansif  Operasi Penambangan Bitcoin
CEO Canaan, Nangeng Zhang, tetap ekspansif di industri tambang kripto. (foto: foto: @NasdaqExchange)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan penambangan cryptocurrency asal Cina, Canaan, akan terus memperluas operasinya meskipun pasar bearish sedang berlangsung dan terjadi penurunan pendapatan penambangan kripto.

Canaan sendiri membukukan penurunan laba bersih 90% selama kuartal pada Q3 2022, seperti yang diumumkan perusahaan secara resmi pada 14 November. Laba bersih Q3 perusahaan berjumlah 61,1 juta renminbi (RMB), atau sekitar Rp133 miliar, yang merupakan 88% penurunan dari periode yang sama pada tahun 2021.

Pendapatan perusahaan turun sekitar 41% dari 1,7 juta RMB (Rp3,5 miliar) pada Q2 2022, sementara laba kotor anjlok 75% dari 940 juta RMB (Rp2 triliun) yang diposting pada kuartal sebelumnya.

Di tengah Bitcoin penambangan menjadi kurang menguntungkan karena musim dingin kripto, perangkat penambangan Canaan juga mengalami penurunan permintaan yang signifikan. Menurut laporan keuangan terbaru, Canaan menjual total 3,5 juta terahash per detik (Th/s) daya komputasi di Q3, atau 37% lebih rendah dari kuartal sebelumnya.

Meski ada tren penurunan dalam laporan keuangan terbarunya, Canaan tidak berencana memperlambat pertumbuhan perusahaan. “Canaan akan terus memperluas operasinya di seluruh dunia, termasuk proyek penelitian dan pengembangan serta operasi pertambangan,” kata CEO Canaan, Nangeng Zhang, dikutip Cointelegraph.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk memperkuat kemampuan penelitian dan pengembangan kami, kami memperluas kantor pusat kami di Singapura dengan talenta penelitian dan pengembangan lokal yang menjanjikan untuk membantu mendukung bisnis kami dalam skala global,” kata Zhang.

Dia juga menyebutkan bahwa Canaan telah memperluas bisnis pertambangannya di Amerika Serikat tahun ini.

“Kami menghadapi periode industri yang sangat sulit karena harga Bitcoin tenggelam ke posisi terendah yang belum pernah dilihat pasar dalam dua tahun terakhir. Prioritas kami adalah untuk menghemat uang kami, meminimalkan pengeluaran kami, dan menanggung penurunan pasar ini,” tambah Zhang.

Terlepas dari penskalaan di seluruh dunia, Canaan telah mengerjakan solusi penambangan baru tahun ini. Pada bulan Oktober, Canaan secara resmi merilis seri perangkat penambangan barunya, AvalonMade 13. Seri baru ini didasarkan pada teknologi sirkuit terpadu khusus aplikasi canggih, termasuk dua model yang menampilkan tingkat hash 110 Th/s dan 130 Th/s.

“Peluncuran produk generasi baru menegaskan kembali kepercayaan kami pada nilai fundamental ekosistem Bitcoin dan mencerminkan upaya terus-menerus kami dalam penelitian dan pengembangan teknologi superkomputer,” kata Zhang.

Seperti dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, Canaan membukukan peningkatan laba kotor 117% pada Q2 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021. Perusahaan masih memperkirakan penurunan keuangan karena pasar beruang yang sedang berlangsung.