Tesla Buat Desain Konektor EV Baru untuk Menjadi Standar Amerika Utara
Tesla membuka desain konektor EV-nya untuk pembuat mobil lain (foto: dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla mengumumkan bahwa mereka akan membuka desain konektor kendaran listrik yang diharapkan akan menjadi standar baru dalam pengisian daya EV di Amerika Utara.

"Dengan penggunaan lebih dari satu dekade dan pengisian daya 20 miliar EV mil sesuai namanya, konektor pengisian daya Tesla adalah yang paling terbukti di Amerika Utara, menawarkan pengisian daya AC dan pengisian daya hingga 1 MW DC dalam satu paket ramping," tulis perusahaan milik Elon Musk dalam pernyataan yang dibagikan di Twitter.

Mengutip Electrek, keputusan ini datang setelah adanya petisi oleh Aptera untuk konektor muatan Tesla untuk menggantikan Combined Charging System (CCS) sebagai standar baru kendaraan listrik di Amerika Utara pada awal tahun 2022. 

"Dalam mengejar misi kami untuk mempercepat transisi dunia menuju energi berkelanjutan, hari ini kami membuka desain konektor EV kami kepada dunia," ujar produsen mobil listrik itu. 

Untuk itu, Tesla mengundang operator jaringan pengisian daya dan produsen kendaraan untuk memasang konektor pengisian daya Tesla dan port pengisian daya, yang sekarang disebut North American Charging Standard (NACS), pada peralatan dan kendaraan mereka. 

Tesla mengungkapkan, NACS akan menjadi standar pengisian daya yang paling umum di Amerika Utara yang memiliki pos jaringan Supercharging Tesla 60% lebih banyak daripada gabungan semua jaringan yang dilengkapi CCS.

"Operator jaringan sudah memiliki rencana untuk memasukkan NACS ke pengisi daya mereka, sehingga pemilik Tesla dapat berharap untuk mengisi daya di jaringan lain tanpa adaptor," tambahnya. 

Dengan begitu, Tesla menantikan kendaraan listrik masa depan yang menggabungkan desain NACS dan pengisian daya di jaringan Supercharging dan Destination Charging Tesla Amerika Utara.

"Sebagai agnostik antarmuka listrik dan mekanik murni untuk kasus penggunaan dan protokol komunikasi, NACS mudah diadopsi. File desain dan spesifikasi tersedia untuk diunduh, dan kami bekerja secara aktif dengan badan standar yang relevan untuk menyusun konektor pengisian daya Tesla sebagai standar publik," tutup Tesla.