Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus memastikan pembangunan yang berkeadilan sesuai dengan visi dan misi Kabinet Indonesia Maju (KIM), dengan membangun infrastruktur digital secara masif dan merata. 

“Di situasi yang sulit, dibawah leadership yang kuat dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden, kerja sama pembantu Presiden, para menteri dan pimpinan lembaga mengakselerasi pembangunan infrastruktur menjangkau seluruh wilayah tanah air,” kata Menkominfo, Johnny G. Plate dalam rilis yang dibagikan, dikutip Jumat, 21 Oktober. 

Johnny mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur digital menjadi aspek penting dalam pelaksanaan visi KIM. Oleh karena itu, Johnny melanjutkan, Kemenkominfo akan terus memastikan konektivitas digital menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

“Infrastruktur digital hulu seperti fiber optik, backbone, middle mile, satelit, microwave link, base transceiver station (BTS) fisik dan digital terus menjangkau masyarakat kita untuk pemerataan pembangunan dan pembangunan yang berkeadilan," ujarnya. 

Sementara itu di acara lain, Kepala Sub Direktorat Ekosistem dan Pemanfaatan TIK, Bappenas, Andianto Haryoko mengatakan bahwa pemerintah melalui Kominfo sudah melakukan kegiatan khusus untuk menjangkau infrastruktur digital di wilayah-wilayah terpencil. 

"Sudah ada kegiatan khusus dari Kominfo untuk memastikan pemerataan akses di semua wilayah di Indonesia. Ada beberapa inisiatif kominfo untuk menyediakan akses internet," ujar Andi dalam acara "Digital Grounds: Towards A Green Digital Economy” di Jakarta, pada Kamis, 20 Oktober. 

Bukan hanya dari segi infrastruktur, pemerintah juga terus memberikan literasi digital ke semua masyarakat Indonesia untuk meningkatkan skill digital mereka. 

"Pemerintah melakukan inisiasi memberikan pengajaran digital, yang diharapkan mampu meningkatkan literasi digital. Dan akan dilakukan hingga jangka menengah dan panjang berikutnya," pungkasnya.