Changpeng Zhao: Bitcoin Dikuasai oleh Sebagian Besar Alamat <i>Wallet</i> Tertentu
Pendiri Binance, Changpeng Zhao. (Foto; Dok. Tron Weekly)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Binance, Changpeng Zhao atau CZ, membagikan pandangannya terkait sentralisasi dan densentralisasi dalam sebuah artikel di blog resmi Binance. Menurutnya, sentralisasi dan desentralisasi tidak hitam-putih. Dia juga menilai desentralisasi tidak biner dan tidak bermakna tunggal.

“Saya percaya hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa desentralisasi tidak biner dan tidak berdimensi tunggal,” kata CZ. “Ada banyak aspek dalam desentralisasi. Setiap aspek adalah skala gradien, tidak hanya hitam-putih.”

Dilansir DailyCoin, desentralisasi mengacu pada ketiadaan otoritas terpusat dengan otoritas tertinggi atas apa pun. Dengan kripto, terminologi yang sama menyiratkan bahwa tidak ada kontrol atas uang oleh bank sentral atau lembaga keuangan.

Namun, CEO percaya bahwa desentralisasi bukanlah tujuan itu sendiri, tetapi “sarana untuk mencapai tujuan.” Tujuannya di sini adalah kebebasan, keamanan, dan kemudahan penggunaan. Selain itu, ia membahas dampak jumlah validator pada sentralisasi jaringan.

Sebagai referensi, BNB Chain, blockchain yang diprakarsai oleh Binance, saat ini memiliki 21 validator dan hampir tidak melewati koefisien Nakamoto 8.

“Anda mungkin mendengar orang berkata, 'node atau validator terlalu sedikit, jadi Anda terpusat'. Meskipun benar bahwa semakin rendah angkanya, semakin terpusat blockchain, tidak ada angka absolut sebagai patokan yang disetujui semua orang. Ini adalah skala gradien,” kata Zhao.

Sentralisasi atau Desentralisasi?

Lebih lanjut, Zhao mengambil contoh Ethereum. Dia memaparkan bahwa pendirinya, Vitalik Buterin, dapat memengaruhi jalannya ekosistem. CZ menilai ini sebagai kelemahan. Karenanya, Bitcoin lebih terdesentralisasi dalam hal ini.

Blockchain dengan pendiri yang terkait jelas memiliki kelemahan ini. Bitcoin lebih terdesentralisasi dalam hal ini. Dalam pembelaan Ethereum, Ethereum juga telah bercabang beberapa kali.”

Terlepas dari semua itu, CZ memaparkan bahwa dirinya mempunyai keterlibatan yang jauh lebih sedikit dengan ekosistem BNB. Di sisi lain, dia memaparkan bahwa sejatinya Bitcoin itu terpusat karena dikuasai oleh sebagian besar pemegang BTC tertentu.

“Bitcoin terpusat karena beberapa alamat memegang sejumlah besar koin,” katanya.

Selanjutnya pendiri Binance itu memaparkan bahwa "Dogecoin bahkan lebih buruk" lagi karena satu alamat teratas memegang 30 persen dari total pasokan, dan 20 alamat teratas memegang lebih dari 50 persen. Selanjutnya, CZ memaparkan bahwa ekosistem Binance merupakan pendukung besar terdesentralisasi.