Taksi Listrik Jadi Opsi Pemerintah Sediakan Moda Transportasi Ramah Lingkungan
Peluncuran GrabCar Electric (Tachta Citra Elfira/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Grab Indonesia resmi memboyong mobil elektrik sebagai moda transportasi ramah lingkungan di Indonesia. Bekerja sama dengan Hyundai Motors, mobil bertenaga listrik ini dapat menjadi solusi mobilitas cerdas ibu kota. 

Hal ini tentu saja didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) guna mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di DKI Jakarta maupun seluruh Indonesia.

"Kendaraan listrik adalah bisnis masa depan. Komitmen Presiden Jokowi dalam pengembangan sektor ini semakin menunjukkan ekosistem investasi Indonesia yang kondusif," terang Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia saat peluncuram GrabCar Electric di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Senin 27 Januari.

Ke depannya, pemerintah Indonesia juga akan terus berkomitmen untuk memajukan industri mobil listrik. Salah satunya pengembangan infrastruktur penunjang, dengan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia berupa nikel sebagai salah satu logam terbesar dalam pembuatan baterai listrik. Lithium-ion ibarat jantung dari revolusi mobil listrik.

"Kalau ini di lihat dunia, maka semua akan mengubah kendaraan mereka menjadi tenaga listrik, ini investasi bukan jangka pendek, jangan melulu import, ayo kita ekspor, manfaatkan suber daya alam yang ada di Indonesia," lanjut Bahlil.

Meski produksinya masih import, rencananya Hyundai tidak lama lagi akan membuka pabrik untuk memproduksi mobil listrik buatannya tersebut di Indonesia.

"Untuk sementara memang masih di produksi di luar negeri, nantinya kita akan membuka pabrik di sini, karena Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan untuk mobil dengan teknologi listrik," ujar Sung Jong Ha, President Director of Hyundai Motors Indonesia.

Untuk mempersiapkan pengoperasian Hyundai IONIQ, melalui Grab, pihaknya juga telah menandatangani perjanjian dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk bersama-sama membangun jaringan pengisian kendaraan listrik.

Sebagai informasi, GrabCar Electric resmi meluncurkan transportasi publik dengan mobil berbasis tenaga listrik hari ini di Bandara Soekarno-Hatta. Bagi pengguna yang ini mencicipi produk baru ini, mereka hanya perlu mengordernya menggunakan aplikasi Grab dengan opsi GrabNow.