Gandeng Hyundai, Grab Siap Operasikan 500 Unit Taksi Listrik di Indonesia
GrabCar Electric (Tachta Citra Elfira/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Grab Indonesia resmi menggandeng Hyundai Motors untuk mengoperasikan taksi bertenaga listrik atau Electric Vehicle (EV) di Indonesia. Nantinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menjadi titik awal operasional taksi listrik Grab. 

"Kita tahap awal akan beroperasi 20 unit mobil listrik, dan targetnya bertambah hingga 500 unit sampai akhir tahun nanti," ungkap President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, saat peluncuran GrabCar Electric di Bandara Soekarno-Hatta, Senin 27 Januari. 

Peresmian GrabCar Electric (Tachta Citra Efira/VOI)

Ridzki menjelaskan kendaraan listrik sedang menjadi tren di kalangan milenilal, karena ramah lingkungan dan minim gas emisi. Hal ini pula yang membuat Grab untuk mengandeng kemitraan bersama Hyundai dalam transportasi ramah lingkungan. 

"Kami ingin menjadi salah satu pendorong yang menginisiasi kolaborasi bersama untuk menghadirkan solusi transportasi yang lebih efisien dan juga ramah lingkungan," lanjutnya. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasinya kepada Grab dan juga Hyundai untuk pengoperasian kendaraan listrik sebagai moda transportasi. Budi berharap layanan GrabCar Electric ini bisa menjadi solusi mobilitas masyarakat yang mengusung konsep smart cities dan ramah lingkungan.  

"Saya sangat mengapresiasi dukungan Grab dan Hyundai dengan hadirnya GrabCar Electric ini, kita selangkah lebih maju untuk mencapai target menghadirkan 2 juta unit EV di Indonesia," jelas Budi.

Menurut Budi, langkah ini juga sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55/2019 tentang Akselerasi Program Kendaraam Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, pemerintah juga tengah berupaya untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Ia berharap ke depannya, akan banyak bermunculan kendaraan yang berbasis teknologi listrik demi menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia hingga 29 persen pada 2030 mendatang.

GrabCar Electric (Tachta Citra Elfira/VOI)

Selain bersama Hyundai, Grab diketahui juga menggandeng Gesits, dan Astra Honda Motor (AHM) yang produk listriknya bakal digunakan sebagai ojek online. Ada 10 PCX listrik dan 10 unit skuter listrik Gesits yang juga akan dipakai Grab, sebagai moda transportasi.

Sebelum Grab, Blue Bird telah lebih dulu mengoperasikan taksi listrik di Indonesia. Sebanyak 30 unit taksi listrik MPV BYD e6 dan SUV Tesla Model x 750.

Terkait