Ciptakan Peluang di Berbagai Sektor, NTT Bangun Jaringan Private 5G Terbesar di Las Vegas
Ilustrasi jaringan privat 5G (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan infrastruktur dan layanan TI global terdepan, NTT Ltd. hari ini mengumumkan ekspansi jaringan Private 5G (P5G) untuk Kota Las Vegas pada Mobile World Congress 2022 (MWC) di Las Vegas, Nevada. 

Proyek ini melibatkan pengerahan dan penyediaan P5G NTT untuk membangun jaringan tertutup (private) paling besar di Amerika Serikat.

Tujuan ekspansi ini adalah agar jaringan berfungsi sebagai platform terbuka yang tersedia untuk bisnis lokal, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk menyebarkan solusi inovatif yang memperkaya kehidupan penduduk Las Vegas, sekaligus pendatang. 

Saat ini NTT bekerja sama dengan mitra yang jumlahnya lebih dari dua kali lipat jumlah access point network (APN) di seluruh Las Vegas.

P5G NTT merupakan jaringan pertama yang terbuka untuk APN pihak ketiga dan perangkat pengguna akhir. Teknologi ini menjadikan Las Vegas sebagai pusat teknologi bagi warga dan korporasi di wilayah perkotaan.

"Jaringan kota Las Vegas akan mendorong inovasi dan menjadi model bagi kota dan bisnis di seluruh dunia. Setelah diimplementasikan, ini akan menjadi penyebaran CBRS jaringan kota terbuka terbesar di AS," kata Shahid Ahmed, Group EVP of New Ventures and Innovation NTT Ltd berdasarkan rilis yang diterima pada Jumat, 30 September. 

Menurut Ahmed, dengan dukungan layanan NTT, perusahaan lokal dapat menggunakan perangkat mereka dan mengembangkan aplikasi mereka di jaringan dengan cakupan seluruh kota, penduduk dan pendatang akan merasakan peningkatan konektivitas, keselamatan dan keamanan, serta akses kesehatan dan layanan penting lainnya.

Melalui jaringan yang terbuka dan cerdas, NTT dapat menyesuaikan layanan jaringan agar sesuai dengan berbagai kebutuhan mencakup sektor pendidikan, keamanan, dan kesehatan untuk aplikasi yang sudah ada maupun baru, baik yang melibatkan full stack, edge, atau solusi cerdas. Beberapa kasus penggunaan awal meliputi:

Model jaringan ini, serta layanan dan aplikasi baru yang diluncurkan di Las Vegas, dapat direplikasi dan dipasarkan ke seluruh kota di AS.

"Tujuan kami adalah selalu menjadikan Las Vegas sebagai komunitas terbaik bagi penduduk dan pendatang dengan meningkatkan pendidikan, pengembangan tenaga kerja, dan keselamatan," ujar Michael Sherwood, Chief Innovation Officer City of Las Vegas. 

Sherwood melanjutkan, untuk mewujudkan tujuan itu, perusahaan perlu memperluas kemampuan nirkabel dan konektivitas seluruh kota sehingga Las Vegas memilih untuk bekerja sama dengan NTT. 

Sebagai pemimpin dalam multi-proyek dan multi-fase untuk Kota Las Vegas, NTT menyediakan platform P5G, meliputi layanan LTE/5G berbasis Network as a Service (NaaS) yang mengintegrasikan keamanan, kontrol, dan privasi berdasarkan desain serta memungkinkan perusahaan dan pelanggan lain untuk secara fleksibel mengamankan, meningkatkan, dan mengelompokkan jaringan mereka. 

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan NTT dalam proyek bersama ini dan kesempatan untuk memberikan kelincahan dan efisiensi operasional yang unik kepada pengguna akhir di Las Vegas dalam pengembangan jaringan P5G," kata Rajeev Shah, Pendiri dan CEO Celona.