Teleskop James Webb Diklaim Tak Selamanya Memiliki Data Akurat Planet Ekstrasurya
Ilustrasi Teleskop James Webb. (Foto: Dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa James Webb memang membawa kita melihat alam semesta dan mengungkapkan cahaya kosmik yang tidak dapat kita lihat dengan mata kepala sendiri.

Namun, teleskop ini bisa saja tidak menampilkan hasil yang akurat.

Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyatakan bahwa manusia harus mempertimbangkan satu konsekuensi ilmiah penting dari memiliki teleskop miliaran dolar ini.

Menurut mahasiswa pascasarjana MIT Prajwal Niraula, dan para rekan penulis di makalah baru yang diterbitkan belum lama ini di Nature Astronomy, mengatakan alat yang biasanya digunakan para astronom untuk memecahkan kode sinyal berbasis cahaya mungkin tidak cukup baik untuk menafsirkan data pada teleskop secara akurat.

Dan karena Teleskop Webb mempelajari planet ekstrasuya, dengan mengukur panjang gelombang cahaya yang melewati atmosfer planet menggunakan instrumen spektroskopinya, model yang kurang akurat itu dapat membuat pengamatan Teleskop Webb menyimpang dari kenyataan berdasarkan urutan besarnya.

“Saat ini, model yang kami gunakan untuk mendekripsi informasi spektral tidak sesuai dengan presisi dan kualitas data yang kami miliki dari Teleskop James Webb," ujar Niraula.

Melansir The Independent, Minggu, 18 September, secara khusus, para peneliti menjelaskan model opacity yakni alat yang memodelkan bagaimana cahaya berinteraksi dengan materi, mungkin perlu penyetelan ulang yang signifikan agar sesuai dengan ketepatan data Teleskop Webb.

“Kami perlu meningkatkan permainan kami dan mengatasi masalah opacity bersama-sama,” kata Niraula.

Instrumen spektrometer Teleskop Webb memperoleh spektrum saat meneliti sebuah planet, kumpulan panjang gelombang cahaya yang bersinar melalui atmosfer planet ekstrasurya.

Karena molekul yang berbeda menyerap cahaya pada panjang gelombang yang berbeda, pola spektrum yang unik dapat memberi tahu para astronom senyawa apa yang ada serta dalam jumlah berapa di atmosfer planet, termasuk gas dan organik yang dapat mengisyaratkan tanda-tanda aktivitas biologis.

Jadi jika tidak memecahkan masalah model opacity dalam praktiknya, kemungkinan para ilmuwan akan kehilangan tanda-tanda kehidupan di sebuah planet ekstrasurya, atau mendapatkan hasil palsu pada tanda-tanda potensi kehidupan alien di atmosfer planet ekstrasurya.

“Ada perbedaan yang signifikan secara ilmiah antara senyawa seperti air yang hadir pada 5 persen versus 25 persen, yang model saat ini tidak dapat membedakannya,” ujar rekan pemimpin studi Julien de Wit.

Para peneliti menyarankan beberapa cara model opacity dapat ditingkatkan sehingga mereka dapat mencocokkan akurasi optik Teleskop Webb.

Dimulai dengan lebih banyak melakukan eksperimen laboratorium untuk model tanah, penyempurnaan model, dan database pusat dengan format standar untuk membantu para astronom memperbarui model mereka dari data spektral dan eksperimen.