Ini Arti Kode 'SSSS' Jika Tertera di Tiket Pesawat
Kode SSSS di tiket pesawat (dok. Uponarriving.com)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan kita mendengar banyaknya kasus pencekalan seseorang untuk keluar negeri. Untuk mencegah hal tersebut, pihak berwajib dan maskapai penerbangan akan mencantumkan kode 'SSSS' pada tiket boarding pass agar menjadi perhatian petugas di bandara. 

Lantas apa arti dari kode 'SSSS' itu? Merujuk pada laman The Telegraph, 'SSSS' merupakan kepanjangan dari Secondary Security Screening Selection yang berarti, calon penumpang dengan kode tersebut harus melewati proses pemeriksaan lebih ketat dibanding penumpang lainnya.

Ada beberapa alasan yang mendasari, pihak berwajib memberikan kode itu pada penumpang. Misalnya nama Anda sama dengan seorang pelaku kejahatan seperti koruptor, penyelundup narkoba atau mungkin teroris.

Hal tersebut memungkinkan apabila indentitas calon penumpang masuk dalam list nama yang memerlukan perhatian khusus. Lebih spesifik bagi mereka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh aparat penegak hukum. 

kode SSSS di tiket pesawat (Uponarriving)

Artinya calon penumpang dengan kode SSSS pada boarding tiketnya akan mendapat perlakuan ekstra dan menyeluruh dari petugas keamanan bandara. Bahkan sampai di interograsi oleh pihak kepoliisian. 

Namun tidak semua tiket boarding pass milik calon penumpang akan dilabeli dengan kode tersebut. Umumnya pencantuman kode 'SSSS' terjadi pada penerbangan internasional.

Di mana petugas akan mencurigai calon penumpang yang membelian tiket one way (tidak pergi-pulang). Bisa juga karena penumpang melakukan pembayaran secara tunai yang menimbulkan kecuriagaan. Atau, kemungkinan terakhir karena dipilih secara acak.