Tiga Bandara di Indonesia Ini Dinilai Paling Sehat Menurut Menkes Terawan
Bandara Jenderal Anhmad Yani Semarang. (Foto: Angkasa Pura I)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga bandara Angkasa Pura I meraih Penghargaan Bandara Sehat 2020 pada ajang Penghargaan Bidang Kesehatan dan Lingkungan 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara konsisten. Pengumuman penghargaan dilakukan pada Selasa 17 November 2020 secara virtual.

Pada kegiatan tersebut turut memberikan kata sambutan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Adapun tiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan tersebut yaitu Bandara Jenderal Anhmad Yani Semarang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Lombok Praya.

"Penghargaan ini juga melengkapi berbagai apresiasi dari berbagai pihak, baik dari dalam negeri seperti apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wihsnutama Kusubandrio, hingga mitra global seperti Incheon Airport International Corporation, terhadap upaya Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan atas penghargaan ini," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat 20 November.

Pada sambutannya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa inisiasi ini berguna sebagai bentuk pencegahan COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum. 

"Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini dapat menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum," ujar Menkes Terawan.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, upaya yang dilakukan ini memang penting untuk didorong oleh berbagai kementerian atau lembaga terkait.

"Selain itu, kebijakan yang terintegrasi dalam protokol kesehatan lingkungan ini pun perlu terus dioptimalkan agar semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan secara konsisten," ujar Budi.

Angkasa Pura I secara konsisten menerapkan protokol kesehatan perusahaan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan bandara. Seiring dengan mulai meningkatnya trafik penerbangan, Angkasa Pura I juga secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Kesuksesan penerapan Protokol Kesehatan Angkasa Pura I ditandai oleh apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir ketika melakukan kunjungan ke Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada 16 Mei lalu. Erick saat itu mengapresiasi kinerja para petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyiapkan operasional penerbangan pada masa pembatasan perjalanan orang yang dapat dilihat dari penyediaan kursi tunggu berjarak, pengaturan alur penumpang, dan pengaturan jadwal penerbangan untuk mengantisipasi antrean di bandara.

"Angkasa Pura I menjamin bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 di 15 bandara dilakukan secara konsisten dan disiplin. Kami selalu memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti konter check in, trolley, self check-in machine, security check point, tray & x-ray, toilet, boarding pass scanner, hand rail, arm chair, dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan disinfektan," ujar Faik Fahmi.