Bagikan:

JAKARTA - Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) dikabarkan telah meluncurkan armada ambulans listriknya sebagai upaya mengurangi krisis kesehatan mental dan emisi karbon. 

Kesadaran akan kesehatan mental menjadi lebih menjadi prioritas di seluruh dunia saat ini, karena persentase populasi yang mengalami gejala terus meningkat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari setiap delapan orang hidup dengan kondisi kesehatan mental. 

Karena alasan tersebut, NHS melakukan bagiannya untuk menghadapi kedua krisis di atas dengan menghadirkan ambulan listrik yang didedikasikan untuk panggilan kesehatan mental. 

Melansir dari Electrek, jika Anda tinggal di Inggris saat ini, mungkin Anda sudah akan menaiki ambulan bertenaga listrik ini. Karena NHS sedang menjalankan uji coba dengan 21 ambulan EV nol-emisi, yang enam dari ambulan tersebut didedikasikan untuk pasien kesehatan mental. 

Uji coba kendaraan listrik adalah bagian dari tujuan NHS untuk mencapai nol karbon bersih pada tahun 2040 dan akan didedikasikan untuk melayani epidemi kesehatan mental yang berkembang.

Melihat ke belakang pada bulan Juni, Pemerintah Inggris mengumumkan akan menginvestasikan 150 juta euro (sekitar Rp2,23 triliun) selama tiga tahun ke depan untuk mendanai layanan kesehatan mental NHS. 

Dari jumlah total yang diberikan, sebanyak 7 juta euro (Rp104 miliar) di antaranya khusus untuk kendaraan kesehatan mental tambahan.

Ambulans listrik ini berbeda dari yang tradisional. Mereka masih akan dilengkapi dengan peralatan penyelamat yang diperlukan. Namun, ambulans EV akan memiliki lebih sedikit tanda fluorescent dan nuansa yang lebih santai di bagian dalam untuk membantu meringankan kondisi pasien.