Digitalisasi dan <i> e-governance</i> Telah Membantu Menyelamatkan Planet Bumi, Contoh Kecil dari Serbia
Perdana Menteri Serbia, Ana Brnabić,. (foto: weforum.org)

Bagikan:

JAKARTA - Digitalisasi dan e-governance bisa tampak seperti konsep abstrak. Namun, dalam sesi KTT Tata Kelola Teknologi Global Forum Ekonomi Dunia, Perdana Menteri Serbia, Ana Brnabić,  memberi contoh bagaimana penggunaan virtual dapat berdampak di dunia nyata.

Brnabić menjelaskan bagaimana digitalisasi telah menjadi pusat dari semua yang ingin dicapai oleh pemerintah negara tersebut.

“Ini termasuk pergeseran ke e-governance untuk membuat pemerintah 'sepenuhnya warga-sentris',” jelasnya, seperti dikutip weforum.org. Tetapi manfaatnya telah melampaui efisiensi dan peningkatan transparansi.

“Sejak pengenalan layanan elektronik dimulai pada 1 Juni 2017, pemerintah telah menghemat lebih dari 180 juta lembar kertas A4,” kata Brnabić pada sesi Transformasi Industri Unggulan.

“Itu berarti kita telah menghemat 900 ton kertas, yaitu 18.000 pohon, lebih dari 76 juta liter air, lebih dari 6.000 megawatt jam listrik,” jelasnya.

Menurutnya Itu hanya 'Serbia kecil'. Bayangkan apa yang akan terjadi, dan dampaknya terhadap planet Bumi ini, jika negara-negara yang lebih besar mengikutinya.

Fokus pada digitalisasi ini juga membantu negara menghadapi tantangan pandemi COVID-19 - dengan pendidikan sebagai kisah sukses tertentu karena anak-anak dapat beralih ke pembelajaran online.

Implikasi Energi dari Data

Tentu saja, memindahkan dokumen secara online bukan tanpa masalah lingkungan. Penelitian pra-pandemi menunjukkan bahwa pusat data menggunakan sekitar 200 terawatt jam energi setiap tahun - hanya 1% dari permintaan listrik global, tetapi lebih dari konsumsi energi beberapa negara. Penggunaan ini akan terus  meningkat. Satu model menunjukkan bahwa penggunaan listrik oleh TIK dapat melebihi 20% dari total global pada akhir dekade ini.

Namun, organisasi seperti Amazon Web Services dan Facebook bekerja untuk meningkatkan keberlanjutan pusat data mereka, termasuk peningkatan penggunaan energi terbarukan untuk memberi daya.

Jadi, e-governance mungkin tidak hanya lebih nyaman dan efisien, tetapi juga dapat membantu untuk menyelamatkan planet ini, satu lembar A4 pada satu waktu.