Apple Bareng Google Mulai Kembangkan Industri 6G
Koalisi Apple dan Google (Ubergizmo)

Bagikan:

JAKARTA - Kendati jaringan 5G belum sepenuhnya merata dan dipergunakan di seluruh dunia. Namun banyak raksasa perusahaan teknologi mulai berkolaborasi untuk mengembangkan jaringan internet selanjutnya, yakni 6G.

Dikutip dari laman CNET, Apple, Google dan LG dilaporkan telah bergabung dalam grup industri telekomunikasi Next G Alliance yang memiliki tujuan untuk pengembangan jaringan internet 5G dan seterusnya dalam beberapa dekade berikutnya.

Selain Apple dan Google, beberapa perusahaan teknologi lainnya yang tergabung dalam Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS) antara lain operator Amerika Serikat AT&T, Verizon, US Cellular dan T-Mobile, serta Charter Communications, Cisco, Hewlett Packard Enterprise dan Intel. 

CEO ATIS Susan Miller mengatakan, para anggota Next G Alliance akan melakukan penelitian dan pengembangan, manufaktur, standardisasi, serta kesiapan pasar.

"Anggota pendiri kami mewakili pemangku kepentingan industri terkemuka yang mendorong inovasi dalam ekosistem seluler," ungkapnya, Senin, 16 November.

Sejauh ini, raksasa teknologi asal China, Huawei, tidak ada dalam daftar tersebut di mana mereka sudah lebih dulu melakukkan pengembangan jaringan 5G. Bahkan laporan tahun lalu menunjukkan Huawei sudah mulai melakukan penelitian 6G sendiri.

Kelompok kerja diharapkan akan dimulai pada awal 2021. Meskipun tidak ada penentuan waktu kapan 6G akan memasuki pasar atau seperti apa bentuk atau penawarannya.