Pengguna Wikipedia Tidak Bisa Edit Halaman “Resesi”, Elon Musk: Wikipedia Kehilangan Objektivitasnya
Wikipedia blokir pengguna yang edit definisi resesi. (Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA – Wikipedia yang merupakan sumber rujukan online banyak orang dikabarkan telah memblokir penggunanya supaya tidak bisa mengedit halaman “resesi.” Pasalnya, akhir-akhir ini pemerintahan Biden bersikeras bahwa ekonomi negara tersebut tidak sedang resesi.

Melansir Teslarati, pemblokiran terjadi setelah pengunjung situs terlibat dalam apa yang hanya dapat digambarkan sebagai perang pengeditan atas definisi istilah tersebut. Seorang pengguna Wikipedia bahkan mengedit halaman tersebut untuk menghapus referensi ke definisi standar resesi.

Bos Tesla Elon Musk menentang keputusan Wikipedia yang membatasi penggunanya melakukan pengeditan pada halaman “resesi.” Dalam kritikan di postingan Twitter-nya, Musk menandai pendiri Wikipedia Jimmy Wales.

“Wikipedia kehilangan objektivitasnya @jimmy_wales,” tulis Musk, 29 Juli 2022.

Sebagaimana diketahui, PDB AS mengalami penurunan 0,9% akibat inflasi dolar. Ini biasanya memenuhi definisi tradisional dari resesi. Namun, pemerintahan Biden telah menolak menyatakan bahwa AS dalam resesi.

“Ini bukan ekonomi yang berada dalam resesi. Tetapi kita berada dalam periode transisi di mana pertumbuhan melambat, dan itu perlu dan tepat, dan kita perlu tumbuh dengan kecepatan yang stabil dan berkelanjutan,” kata Menteri Keuangan Janet Yellen.

Wikipedia biasanya menempatkan halaman dalam mode "semi-dilindungi" ketika ada sejumlah besar gangguan atau vandalisme dari pengguna. Dengan mengaktifkan mode “semi-dilindungi”, pengguna yang tidak terdaftar dan akun yang tidak dikonfirmasi atau dikonfirmasi otomatis tidak akan dapat mengedit halaman tersebut.

“Artikel ini mungkin terpengaruh oleh peristiwa terkini. Informasi dalam artikel ini dapat berubah dengan cepat seiring perkembangan peristiwa,” tulis peringatan dari Wikipedia.

“(mode) Semi-dilindungi berguna ketika ada sejumlah besar gangguan atau vandalisme dari pengguna baru atau tidak terdaftar, atau untuk mencegah pengguna yang diblokir atau dilarang mengedit, terutama ketika itu terjadi pada biografi orang hidup yang baru-baru ini memiliki tingkat tinggi. kepentingan media,” menurut keterangan Wikipedia.