Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen mengonfirmasi pada Senin, 18 Juli, bahwa versi SUV yang lebih murah dari crossover ID.4 sedang dalam perjalanan untuk diluncurkan. 

ID.4 yang lebih murah ini akan ditenagai oleh baterai 62 kWh, jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan ID.4 yang ditawarkan saat ini dengan baterai 82 kWh, dengan memiliki kisaran jangkauan EPA 275 mil.

Dengan opsi baterai yang lebih kecil, ini juga akan mengurangi harga ID.4 dengan signifikan yang seharusnya kurang dari 42.000 dolar AS (Rp629 juta). Belum ada harga pasti untuk versi terbaru dari EV ini. Tapi diperkirakan akan dibanderol dengan harga 30.000 dolar AS (Rp449 juta). 

"Rincian lebih lanjut mengenai MY23 ID.4 EV yang diproduksi secara lokal akan segera diumumkan," kata Volkswagen dalam sebuah pernyataan, yang dikutip CNet

Mengutip The Drive, di Eropa, ID.4 sudah ditawarkan dengan baterai yang lebih rendah yaitu 55 kWh dengan kisaran jangkauan EPA 215 mil. Mobil itu juga menawarkan powertrain yang diturunkan secara signifikan dibandingkan dengan model-model ID.4 di AS. 

VW belum mengumumkan detail lebih lanjut mengenai tata letak yang tepat dari drivetrain pada model entri terbaru ID.4 untuk Amerika Serikat. 

Namun, yang sudah pasti adalah, bahwa versi yang lebih rendah itu akan dirakit di pabrik VW di Chattanooga, Tennessee, dan akan dibangun mulai tahun 2023.

Di waktu yang sama, VW mencatat bahwa mereka masih akan memberikan beberapa suguhan, yaitu MK8 GTI yang akan mendapatkan edisi khusus ulang tahun ke-40, dan Golf R yang akan menerima trim khusus ulang tahun ke-20.