<i>Cyber Immune</i> Ini Diklaim Kebal Semua Jenis Serangan Siber
Kaspersky luncurkan produk baru yang kebal semua jenis serangan (foto: kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Internet of Things (IoT) semakin memengaruhi perusahaan. Menurut situ website Gartner, 61 persen perusahaan sudah menunjukkan kematangan IoT yang tinggi. Mengingat beragamnya perangkat IoT dan risikonya terkait keamanan siber, jelas bahwa perangkat ini membutuhkan perlindungan terutama bila berbicara smart city dan infrastruktur penting.

Kaspersky Cyber Immune meluncurkan produk terbarunya bernama Kaspersky IoT Secure Gateway 1000, produk ini ditujukan untuk perusahaan yang sedang melakukan transformasi digital. Produk ini membantu perusahaan meningkatkan nilai bisnis dengan aliran data industrial yang baru. 

Gateway ini menghubungkan perangkat IoT dan controller dengan aplikasi bisnis dan platform awan. Produk ini memastikan keamanan interaksi antara IoT dengan perangkat lain serta keamanan data yang ditransfer melalui interaksi ini berkat hadirnya KasperskyOS di inti gateway dan kemampuan perlindungan dari serangan jaringan.

Dengan produk ini, pengguna yang mengoperasikan sistem kota pintar (smart city), termasuk utilitas, penerangan jalan, dan infrastruktur jalan atau di bidang manufakturing atau proyek-proyek produksi dan distribusi energi, bisa mendapatkan sistem IoT yang aman dan visibilitas ke semua perangkat yang terkoneksi.

Tameng  dari Serangan Jaringan dan Ancaman Gateway

Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 yang baru adalah perangkat hardware dengan firmware berdasarkan KasperskyOS dan Advantech UTX-3117. Produk ini memastikan keamanan seluruh sistem IoT di level gateway berkat pendekatan secure-by-design dan kemampuan perlindungan built-in.

Selain itu, gateway ini memberi perlindungan kepada perusahaan dari serangan terhadap jaringan, serangan D-DoS atau serangan Man-in-the-Middle, melalui firewall yang menggunakan prinsip Default Deny. Dengan begitu, hanya interaksi jaringan yang sudah mendapat persetujuan yang bisa melewati gateway. Selain itu, modul Intrusion Detection dan Intrusion Prevention (IDS/IPS) akan langsung mendeteksi dan memblokir kegiatan berbahaya.

KasperskyOS, yang ada di inti gateway, membuat gateway ini kebal terhadap hampir semua serangan. Sistem operasi ini memiliki mikrokernel yang meminimalisir risiko kerentanan dan mengurangi attack surface hanya melalui beberapa ribu baris kode. 

Tujuan keamanan produk ini sudah ditentukan sejak awal pembuatannya, sehingga Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 aman sejak dari desain (secure-by-design).

Teknologi secure boot and update memastikan keaslian dan integritas firmware dan update gateway ini. Secure boot memblokir pengunggahan firmware saat gateway rusak atau diubah tanpa ijin. Secure update menjamin bahwa hanya update yang benar dari sumber terpercaya yang bisa diunggah ke perangkat.

Tool yang Nyaman  

Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 membantu admin jaringan menjaga visibilitas dan kendali atas jaringan. Produk ini menunjukkan semua perangkat yang terhubung ke jaringan lalu mendeteksi dan mengklasifikasikan perangkat-perangkat baru hanya satu menit setelah terhubung. 

“Dengan gateway baru ini, Kaspersky memperluas portofolio untuk perlindungan infrastruktur IoT," Andrey Suvorov, Head of KasperskyOS Business Unit, Kaspersky, dalam siaran pers yang diterima. 

Suvorov mengatakan lebih lanjut, sebelumnya, perusahaan sudah meluncurkan Kaspersky IoT Secure Gateway 100 pada tahun 2021 silam. Dan gateway generasi terbaru ini memberikan keamanan yang lebih untuk IoT. 

"Gateway generasi baru ini memberikan keamanan lebih untuk IoT dan fungsi-fungsi manajemen yang penting bagi industri dan operasional dengan syarat keamanan yang lebih baik, misalnya untuk kota pintar, jaringan transportasi, CCTV, dan infrastruktur penting. Pendekatan Cyber Immunity untuk firmware memastikan bahwa hampir semua serangan tidak akan memengaruhi status keamanan perangkat atau seluruh sistem IoT perusahaan,” jelasnya.