Cara Mudah Membebaskan Ruang Penyimpanan iCloud di Perangkat Apple Anda
Ilustrasi cara mengosongkan penyimpanan iCloud. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda memiliki perangkat Apple, pasti Anda mengetahui bahwa dengan iCloud, Anda otomatis mendapatkan penyimpanan iCloud gratis sebesar 5 GB untuk foto, video, file, dan konten lainnya.

Apple mengatakan, jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih banyak, Anda dapat meningkatkan ke iCloud+ dari salah satu perangkat Anda. 

Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk fitur premium tersebut Anda tetap dapat menggunakan iCloud dengan ruang penyimpanan terbatas. 

Untuk mengakali agar iCloud tidak penuh, Anda dapat menghapus beberapa file yang tidak diperlukan lagi dari iCloud. Begini cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus konten aplikasi di iCloud. 

  1. Buka Pengaturan
  2. Ketuk [Nama Anda].
  3. Pilih iCloud
  4. Buka Kelola Penyimpanan. Disini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi dan jumlah ruang yang digunakan di iCloud.
  5. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus kontennya. 
  6. Kemudian pilih Hapus Data dan tekan Hapus. Aplikasi akan menghilang dari daftar atau menampilkan 0KB di sebelahnya. 

Melansir dari Makeuseof, sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan iCloud Anda. Anda bisa menghapus foto atau cadangan yang tidak diinginkan dari akun Anda.

Jika ini masih belum cukup untuk Anda, lebih baik Anda meningkatkannya ke paket iCloud+ berbayar, karena Apple menawarkan langganan dari 50GB hingga 2TB, pilih lah sesuai kebutuhan Anda.