Universitas Siena di Italia Ciptakan Software AI yang Bisa Pecahkan Teka-teki Silang dalam Bahasa Inggris dan Italia
'WebCrow 2.0' AI dapat memecahkan teka-teki silang dalam dua bahasa (foto: WebCrow)

Bagikan:

JAKARTA - Universitas Siena di Italia dan expert.ai meluncurkan perangkat lunak Artificial Intelligence (AI) yang diberi nama WebCrow 2.0 yang dapat memecahkan teka-teki silang dalam bahasa Inggris dan Italia.

"WebCrow merupakan perangkat lunak berbasis AI pertama yang menangani permainan bahasa menggunakan teknologi NLP dan gudang pengetahuan manusia yang paling kaya yang dapat diperbarui sendiri yang tersedia di web," tulis keterangan website.

Dengan menggunakan teknologi AI, WebCrow akan memahami petunjuk teka-teki seperti apa yang dilakukan oleh manusia. Dimulai dengan memahami petunjuk, yang mengarah pada urutan langkah-langkah logika dan linguistik menuju jawaban yang benar.

Melansir Engadget, tahun lalu ada AI bernama Dr. Fill yang mengungguli sebagian besar pesaing manusia terbaik di American Crossword Puzzle Tournament. Namun, kinerjanya masih belum sempurna, Dr. Fill membuat tiga kesalahan dalam turnamen tersebut.

Untuk menguji kemampuan WebCrow 2.0, pencipta WebCrow membuka challenge untuk mengadu kekuatan AI mereka dengan pemain manusia, dan akan dilaksanakan pada 14 Juni. Ini akan menjadi kompetisi multibahasa yang menampilkan teka-teki silang dalam bahasa Inggris dan Italia.

"Bisakah mesin memecahkan masalah ini sebaik manusia? Bagaimana mereka membandingkan definisi dan menjawab petunjuk dengan referensi niche atau abstrak? Bisakah mereka menangkap permainan kata-kata, nuansa linguistik, dan bahkan humor? Kami siap menunjukkan bagaimana memanfaatkan konteks dapat memungkinkan manusia dan perangkat lunak untuk bekerja sama dan membawa kemampuan kognitif berbasis AI ke tingkat yang baru,” kata Marco Gori, seorang profesor di Departemen Teknik Informasi dan Ilmu Matematika Universitas Siena.