Coinbase Bakal Blokir Pengguna Asal Rusia
Coinbase sarankan pengguna Rusia untuk tarik dana dari akun Coinbase. (Cryptonomist)

Bagikan:

JAKARTA – Raksasa bursa kripto asal Amerika Serikat, Coinbase, dilaporkan telah memberikan pengumuman kepada pengguna plaformnya yang berasal dari Rusia untuk menarik dana mereka. Coinbase berencana memblokir akun pengguna Rusia mulai 31 Mei mendatang.

Menurut laporan media bisnis Rusia RBC, sejulah pengguna Coinbase di Rusia telah menerima surat pemberitahuan bahwa akun mereka akan diblokir pada 31 Mei. Pelanggan diharuskan untuk menunjukkan bukti mereka tidak dikenai sanksi ekonomi dari Uni Eropa.

“Hingga 31 Mei 2022, Anda harus menarik semua dana dari akun Anda atau memberi kami dokumen khusus yang menegaskan bahwa Anda tidak termasuk dalam sanksi ini,” tulis pengumuman tersebut, dikutip dari RBC.

Sedangkan bagi pengguna yang belum menarik dana hingga tanggal yang ditentukan akan dibekukan dan akunnya akan diblokir. Paul Grewal selaku Chief Legal Officer Coinbase menyatakan melalui postingan Twitter bahwa Coinbase tidak dapat lagi memberikan layanan kepada klien Rusia tertentu yang terdaftar di platform atau berlokasi di Uni Eropa.

Menurut laporan Bitcoin.com News, Grewal meyakinkan bahwa perusahaan bekerja dengan pelanggan yang terdampak untuk memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan jika sanksi ini tidak berlaku bagi mereka. Perusahaan juga membantu mereka menarik dana dari Coinbase. Dia juga menekankan pertukaran akan terus memberikan layanan kepada pengguna Rusia yang tidak terkena sanksi dan tidak berlokasi di UE.

Keputusan tersebut merupakan imbas dari sanksi yang dijatuhkan AS dan Uni Eropa terhadap ekonomi Rusia. Sebelum Coinbase, raksasa perdagangan kripto Binance juga telah membatasi layanannya bagi warga negara Rusia.