Binance Sementara Hentikan Layanan Derivatif untuk Penuhi Ketentuan di Spanyol
Binance selalu gigih dalam mencari izin untuk beroperasi. (foto: dok. binance.com)

Bagikan:

JAKARTA - Binance selama ini dikenal sebagai salah satu pertukaran crypto paling gigih dalam hal mendapatkan persetujuan peraturan dan lisensi operasional dari regulator di seluruh dunia.

Dalam upaya untuk beroperasi sebagai lembaga keuangan berlisensi penuh, mereka  telah berhenti menawarkan layanan derivatif kripto di Spanyol karena dilaporkan menunggu persetujuan dari regulator Spanyol, Comisión Nacional del Mercado de Valores (CNMV).

Sebagaimana dibuktikan oleh situs web resmi Spanyol Binance, pertukaran crypto ini menghapus menu drop-down derivatif, yang masih tersedia di versi global.

Menurut publikasi berita lokal La Información, langkah ini untuk menyembunyikan penawaran derivatif di Spanyol yang biasanya muncul,  sebagai cara untuk mematuhi persyaratan yang ditetapkan oleh CNMV, yang dikenal sebagai Komisi Pasar Sekuritas Nasional.

Niat Binance untuk menawarkan layanan hanya bisa setelah adanya persetujuan CNMV. Seperti dilaporkan oleh Cointelegraph, bahwa URL Binance yang terkait dengan penawaran turunan di Spanyol — termasuk portal berjangka, pertempuran, dan turunan — masih tetap aktif.

Namun, laporan media lokal menyarankan bahwa Binance akan memperkenalkan kembali opsi derivatif hanya setelah menerima lampu hijau peraturan dalam bentuk sertifikat jaminan dari Bank of Spain (BdE).

Pada Juni 2021, CEO Binance Changpeng Zhao mengungkapkan rencana untuk mempercepat pertumbuhan pertukaran crypto dengan bekerja sama dengan regulator, dengan menyatakan:

“Kami ingin memiliki lisensi di mana-mana. Mulai sekarang, kami akan menjadi lembaga keuangan,” kata CZ.

Binance, bersama dengan pertukaran crypto lainnya seperti Coinbase dan Bit2Me, terdaftar dalam “daftar abu-abu” di CNMV, yang melarang organisasi beroperasi sebagai entitas berlisensi penuh di wilayah tersebut.

Terlepas dari kemunduran kecil yang dihadapi karena penundaan peraturan di Spanyol, otoritas keuangan dari negara tetangga Prancis — Autorité des marchés financiers (AMF) — menyetujui Binance sebagai penyedia layanan aset digital terdaftar.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, perpindahan ke Prancis menandakan ekspansi terbaru Binance dari operasi globalnya, setelah memperoleh persetujuan prinsip untuk beroperasi di Abu Dhabi pada bulan April.

Mengutip persetujuan peraturan di Prancis, Binance berbagi rencana untuk secara signifikan meningkatkan skala operasinya di wilayah tersebut sambil mengejar “pengembangan infrastruktur lebih lanjut.”