Apple Tolak Perbaiki iPhone yang Terdaftar Sebagai Ponsel Hilang
Apple mengambil tindakan terhadap iPhone yang terdaftar sebagai ponsel hilang.(foto: Alexander Andrews / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple mengambil tindakan terhadap iPhone yang terdaftar sebagai ponsel hilang, di mana perusahaan enggan memperbaiki jika terjadi kerusakan pada perangkat tersebut.

Lalu bagaimana iPhone mengetahui bahwa iPhone tersebut adalah barang hilang atau dicuri? Ya, jika iPhone telah terdaftar sebagai hilang di direktori GSMA Device Registry, Apple Stores dan Apple Authorized Service Providers akan diperintahkan untuk menolak layanan perbaikan apa pun untuk perangkat itu.

GSMA  merupakan gudang data ponsel global yang memungkinkan pengguna melaporkan perangkat mereka sebagai perangkat hilang jika telah dicuri atau seseorang telah menipunya dari mereka.

Biasanya cara terbaik untuk memasukkan perangkat ke dalam daftar adalah dengan melaporkan kehilangan ke operator seluler yang kemudian akan mencantumkan perangkat dengan GSMA.

Kemudian, status perangkat akan dibagikan ke produsen, pengecer, penyedia layanan asuransi, dan distributor. Hal ini berguna untuk menginformasikan semua pihak yang ada hubungannya dengan ponsel, sehingga mereka bisa melakukan tindakan seperti mematikan akses jaringan atau menonaktifkan fitur inti tertentu dari jarak jauh.

Selain itu, GSMA juga mengelola database Pemeriksaan Perangkat yang mencatat nomor IMEI semua perangkat yang dilaporkan hilang atau dicuri. Apple dan outlet rantai perbaikannya memiliki akses ke repositori GSMA, dan mereka sekarang memanfaatkan hak istimewa itu dengan baik.

Dilansir dari Digital Trends, Kamis, 31 Maret, hal ini guna mencegah praktik iPhone yang dicuri atau diperoleh secara ilegal agar tidak menggunakan layanan tersebut, sehingga mengurangi nilai jual kembali atau membuatnya semakin sulit untuk menggunakan perangkat jika memiliki cacat fungsional atau perangkat keras yang serius.

Apple telah menolak permintaan perbaikan di outlet resmi jika pelanggan tidak dapat menonaktifkan peringatan Find My iPhone di perangkat. Namun, sistem itu memiliki celah.

Perangkat keras tempat Find My iPhone tidak pernah diaktifkan di tempat pertama melewati tanpa membunyikan alarm jika dicuri. Dengan GSMA menjadi bagian dari sistem peringatan status, Apple mencoba mengatasi kekurangan itu untuk mencegah perbaikan iPhone yang hilang atau dicuri.