<i>Supermaket</i> Terbesar di Portugal Diserang Hacker, Situs <i>Down</i> Akibatnya Saham Anjlok
Serangan siber menghantam supermarket terbesar di Portugal. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah serangan dunia maya telah melumpuhkan situs web pengecer makanan terbesar di Portugal, Modelo Continente. Serangan ini telah mempengaruhi beberapa layanan di tokonya pada Rabu, 30 Maret, kata perusahaan yang dimiliki oleh grup Sonae ini, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Situs web utamanya untuk belanja online sedang down, dan menampilkan pesan "Dalam pemeliharaan. Silakan coba lagi nanti".

Dalam sebuah pernyataan, Modelo Continente, yang mengelola sekitar 300 hypermarket dan supermarket besar di Portugal, mengatakan bahwa serangan peretas pada sistemnya telah "mempengaruhi beberapa komunikasi di situs komersial dan beberapa layanan di dalam toko."

Dikatakan bahwa tim mereka kini tengah menyelidiki gangguan yang dibuat dan bekerja untuk memulihkan layanan mereka, sesegera mungkin, berfungsi normal dari beraktivitas lagi.

Media lokal mengatakan pembayaran di toko tersebut sebagian besar tidak terpengaruh, akan tetapi klien melaporkan masalah dalam mendapatkan tagihan belanja mereka dan menggunakan kartu loyalitas Continente.

Akibat serangan itu saham Sonae sedikit berubah pada 1,013 euro di bursa saham Euronext Lisbon.

Sejak awal tahun ini, dua perusahaan besar Portugis lainnya, konglomerat media dan televisi Impresa  dan telekomunikasi Vodafone Portugal, juga mengalami serangan peretas.

Secara keseluruhan serangan peretasan ini dalam beberapa tahun meningkat sangat tajam di Eropa yang membuat  kekhawatiran mendalam  tentang sistem keamanan jaringan internet. Apalagi peretasan tidak hanya dilakukan oleh individu atau kelompok, melainkan juga disponsori oleh negara tertentu.