Kabar Baru, Cardano Sekarang Mendukung DApps Ethereum!
Cardano dukung dApps Ethereum. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Cardano sekarang mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps) Ethereum. Hal ini disampaikan lewat postingan blog resmi Milkomeda Foundation pada hari Senin, 28 Maret. Milkomeda telah mengumumkan peluncuran C1, sidechain yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) yang terhubung langsung ke Cardano blockchain.

Sidechain adalah blockchain terpisah yang berjalan secara paralel dengan jaringan Ethereum dan beroperasi secara independen. Ia memiliki algoritma konsensusnya (misalnya proof-of-authority, Delegated proof-of-stake, Byzantine fault tolerance). Hal ini terhubung ke jaringan dengan jembatan dua arah.

Para pengguna saat ini bisa dengan mudah memindahkan aset di antara kedua blockchain. Hal itu memungkinkan untuk menjalankan dApps berbasis Ethereum. Ini dicapai dengan teknologi wrapped smart contract, yang dipelopori oleh Milkomeda.

“Milkomeda C1 memungkinkan Ethereum dApps untuk digunakan di ekosistem Cardano. Ini menandai momen penting, di mana banyak smart contract yang paling teruji dan diaudit di ruang kripto sekarang dibuka untuk dimanfaatkan oleh pengguna Cardano,” tulis pernyataan resmi Milkomeda.

BACA JUGA:


Mendapat Dukungan dari Charles Hoskinson

CEO Input Output Charles Hoskinson memberi selamat lewat akun sosial media Twitter kepada DcSpark, perusahaan blockchain berbasis produk yang merupakan kontributor inti protokol Milkomeda. Pria tersebut menggambarkan peluncuran solusi C1 layer-2 sebagai “perkembangan hebat” untuk Cardano.     

Dilansir dari U.Today, pada bulan Februari, Milkomeda Foundation mengumumkan kemitraan dengan protokol interoperabilitas untuk memungkinkan menjembatani aset dengan mudah dari jaringan Ethereum. Jembatan antara Cardano dan Ethereum kemudian diluncurkan dalam mode testnet akhir bulan itu.

Jadi Faktor <i>Bullish</i> Token ADA

Menurut data yang disediakan oleh CoinGecko, token ADA sendiri telah menguat lebih dari 33 persen selama seminggu terakhir, mengungguli altcoin utama lainnya. Hal itu dikarenakan peluncuran solusi layer-2 yang kompatibel dengan EVM.

Milkomeda Foundation juga mengumumkan bahwa 10 ribu alamat pertama dalam daftar tunggu sesegera mungkin memulai interaksi dengan Milkomeda sejak awal. Sedangkan, tim berencana untuk menghapus daftar tunggu “sesegera mungkin”. Lebih lanjut, untuk bisa menggunakan aset Ethereum, pengguna harus mengatur dompet MetaMask mereka dengan Milkomeda C1 dan memindahkan aset mereka dari mainnet Cardano.