Bingung Bagaimana Cara Membuat Video YouTube Pertama Anda? Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan
Panduan Langkah demi Langkah ini dapat membantu Anda untuk membuat video pertama di channel YouTube. (Foto: dok.pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia serba digital saat ini, sudah sedikit orang yang menonton acara televisi. Banyak   masyarakat yang lebih memilih untuk menonton video, film, atau apa pun melalui YouTube.

Selain sebagai media untuk menonton karena banyaknya pilihan video yang ada di sana, lewat YouTube, seseorang dapat menghasilkan uangnya sendiri. Anda hanya cukup mengunggah video dan mencari sebanyak-banyaknya penonton hingga mendapatkan AdSense.

Namun, jika Anda baru dan ingin membuat konten menjadi sedikit lebih mudah dan menarik, VOI sudah merangkum beberapa tips dari MakeUsOf yang akan membahas semua yang harus Anda sertakan dalam video YouTube pertama Anda.

  1. Buat Garis Besar Singkat untuk Video Anda

Menyusun konten untuk YouTube jauh lebih mudah jika Anda tahu apa yang ingin Anda bicarakan. Sebelum menyalakan kamera, Anda harus memikirkan apa yang akan Anda diskusikan di unggahan pertama Anda. Anda tidak perlu memikirkan topik yang rumit. Ide-ide sederhana meliputi:

  1. Memperkenalkan siapa Anda dan untuk apa Anda akan menggunakan saluran Anda.
  2. Meninjau karya seni yang Anda buat dan menjelaskan apa yang Anda suka dan tidak suka.
  3. Berbicara tentang tujuan dan ambisi Anda di bidang Anda.

Setelah Anda memilih topik, buat garis besar singkat dan uraikan setiap bagian menjadi beberapa poin. Anda dapat menggunakan Microsoft Word atau Google Documents untuk membuat garis besar, atau bahkan aplikasi catatan di ponsel cerdas Anda.

  1. Perbaiki Pengaturan Kamera Anda

Anda tidak perlu kamera mewah untuk mulai merekam video untuk saluran YouTube Anda. Dalam banyak ponsel cerdas yang kini memiliki teknologi kamera yang hampir sama dengan kamera mewah.

Mulailah dengan pengaturan dasar pada kamera Anda. Pertama, Anda harus mengaktifkan pelacak wajah fokus otomatis kamera Anda agar tetap fokus untuk seluruh klip.

Saat merekam, pertimbangkan untuk menggunakan profil warna datar atau netral. Keseimbangan warna putih dapat secara signifikan memengaruhi tampilan dan nuansa visual Anda.

Sebelum merekam, buka pengaturan kamera Anda dan ubah nomor Kelvin tergantung pada kondisi Anda. Cobalah untuk memastikan bahwa warna kulit Anda terlihat alami.

  1. Pastikan Kamera Anda Berada di Ketinggian yang Baik

Sebelum berbicara di depan kamera, Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda berada pada ketinggian yang baik dan pada permukaan yang stabil.

Anda dapat menggunakan Tripod untuk mempermudah Anda mengatur ketinggian kamera. Ini juga bisa menjadi pertimbangkan untuk berinvestasi dalam satu jika Anda berencana untuk mengunggah video ke YouTube secara teratur.

  1. Perkenalkan Diri Anda dan Subjek Video di Intro Anda

Perkenalan Anda perlu memikat pemirsa. Saat Anda menekan tombol rekam, perkenalkan subjek yang akan Anda diskusikan sebelum membicarakan hal lain.

Setelah memperkenalkan subjek yang akan Anda diskusikan, Anda juga harus berbicara sedikit tentang diri Anda. Sebutkan nama Anda dan mengapa Anda memiliki wewenang untuk berbicara tentang topik ini. Melakukan kedua hal ini akan memberi pengguna lebih banyak alasan untuk tetap tinggal.

  1. Biarkan Kamera Anda Merekam Sepanjang Jalan

Saat merekam video YouTube pertama mereka, banyak orang menekan tombol rekam dan matikan setiap kali mereka melakukan kesalahan. Namun, memiliki lusinan klip tidak efisien saat Anda siap mengedit.

Anda mungkin akan membuat kesalahan, tetapi Anda tidak perlu menyimpan bagian yang tidak Anda sukai dalam video Anda. Rekam video Anda dalam satu klip panjang dan hapus kesalahan yang Anda buat di tahap editing.

  1. Jaga Pengeditan Anda Sederhana

Setelah Anda selesai merekam video Anda dan B-roll yang menyertainya, buat pengeditan Anda sesederhana mungkin. Lakukan koreksi warna dasar dan gradasi warna, tetapi jangan khawatir tentang menambahkan bidikan gerakan lambat dan hal semacam itu. Seiring waktu, Anda dapat menambahkan jenis bidikan baru dan teknik pengeditan video.

  1. Buat Gambar Mini Video Anda

Anda harus membuat thumbnail Anda menarik dan menyebutkan subjek video di suatu tempat. Anda tidak perlu menyertakan wajah Anda, tetapi melakukannya dapat membantu Anda menonjol. Ada banyak alat untuk membantu Anda menghasilkan gambar mini yang menarik, dan Canva adalah salah satu yang terbaik.

  1. Optimalkan Video Anda Sebelum Mengunggahnya

Saat mengunggah video Anda ke YouTube, ingatlah bahwa platform tersebut adalah mesin pencari. Dengan cara yang sama seperti Anda mengoptimalkan artikel untuk Google, Anda harus membuat konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pemirsa di YouTube.

Cara lain Anda dapat mengoptimalkan video Anda untuk mesin pencari YouTube adalah dengan memasukkan tagar, kata kunci, dan kategori.