Ayo Dukung Gerakan Earth Hour, Matikan Listrik yang Tak Diperlukan
Pusat perbelanjaan di Jakarta, dukung program matikan listrik saat Earth Hour. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA –  Guna mendukung kegiatan global dalam menghadapi perubahan iklim, "Earth Hour", sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta turut serta dalam aksi tersebut. Salah satunya dengan cara memadamkan lampu eksterior atau lampu fasad yang berada di luar mal pada Sabtu malam, 26 Maret.

Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Mal Kota Casablanca turut memperingati "Earth Hour" dengan memadamkan lampu selama 60 menit yakni pada pukul 20.30--21.30 WIB.

"Untuk Mal Kota Casablanca ikut mendukung program ini dengan mematikan lampu 'facade' dan lampu logo di luar mal," kata Senior Promotion Manager Mal Kota Casablanca Agung Gunawan saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Sabtu, 26 Maret.

Senada dengan itu, Corporate PR PT Lippo Malls Indonesia Nidia N. Ichsan menjelaskan program yang sama akan dijalankan oleh jaringan 63 mal Lippo di 33 provinsi seluruh Indonesia.

"Sebanyak 64 mal di 33 kota, kami partisipasi pada kegiatan ini dengan memadamkan lampu bagian 'outdoor'. Kalau di dalam mal tidak," kata Nidia.

Aksi pemadaman lampu oleh pusat perbelanjaan di Jakarta ini merupakan bentuk dukungan terhadap "Earth Hour" yang diperingati pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya.

Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang berusaha untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, serta pemerintah di berbagai belahan dunia untuk menunjukkan kepedulian dan juga kontribusinya terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim secara simbolis.

Beberapa bentuk kegiatan dukungan untuk Erath Hour juga bisa dilakukan dengan berkemah, memancing dan mendaki gunung. Diharapkan kegiatan yang menyatu dengan alam ini bisa dilakukan bersama keluarga, teman dan komunitas untuk membuat kesadaran menjaga lingkungan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengajak warga Ibu Kota untuk mematikan lampu selama satu jam pada Sabtu mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB dalam kegiatan global yang digagas oleh WWF itu.

Selain mematikan lampu, Anies juga mengajak masyarakat mematikan alat elektronik yang tidak digunakan selama satu jam. Menurut dia, Jakarta bersama 190 negara di dunia melakukan program "Earth Hour".

"Earth Hour" merupakan program satu jam untuk bumi salah satunya dengan cara hemat energi misalnya dengan mematikan lampu dan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan.