Rezeki Saat Pandemi, Steam Berhasil Dapatkan 31 Juta Pengguna Baru di Tahun 2021
Steam mencatat kenaikan pengeluaran pemain yaitu sebesar 27% dibanding tahun sebelumnya. (foto: dok steam)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki tahun 2022, banyak gamer yang penasaran dengan perusahaan video gim di tahun 2021 yang terdampak pandemi COVID-19.

Valve, membagikan statistik pengguna Steam di tahun 2021 melalui laporan akhir tahun mereka. Dalam laporan tersebut, ada beragam statistik yang dibagikan terutama mengenai jumlah pengguna baru Steam itu sendiri.

Laporan tersebut mengungkap bahwa di tahun 2021, Steam memiliki 132 juta pemain aktif setiap bulannya dengan 69 juta pengguna melakukan login setiap harinya.

Sebagai hasil dari tinggi jumlah pemain aktif itu, Steam mencatat kenaikan pengeluaran pemain yaitu sebesar 27% dibanding tahun sebelumnya.

Bisa jadi ini adalah dampak pembatasan aktivitas atau lockdown yang menyebabkan banyak orang atau gamer lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk bermain gim.

Dari banyaknya data yang ditampilkan, yang menarik di sini adalah statistik yang menyebut jika Valve mendapatkan 31,2 juta pengguna baru Steam di sepanjang 2021. Diperkirakan ada sekitar 2,6 juta “pembeli perdana” atau akun baru yang bergabung setiap bulannya.

Dilansir dari Gamebrott, pada tahun sebelumnya,  2020, Valve menyebut jika Steam mengalami “perkembangan bagus yang tidak terduga” industri video gim terdampak pandemi. Yang menakjubkan adalah ketika melihat 2021, Steam berhasil mempertahankan catatan apik dan menjadi lebih baik di sejumlah bagian.

Valve menyebutkan alasan mengapa Steam dapat menghasilkan banyak pemain baru di tahun 2021. Salah satu faktor utamanya adalah hadirnya gim-gim yang sebelumnya eksklusif hanya di konsol seperti God of War dan Days Gone, ke Steam di sepanjang 2021.