Permudah Pengguna! Telegram Bawa Banyak Perubahan Besar pada Aplikasinya
Telegram telah membawa perubahan visual dan fungsional baru untuk pengguna iOS dan Android. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram dikabarkan telah membawa banyak perubahan visual dan fungsional baru untuk pengguna iOS dan Android-nya. Dari Download Manager baru hingga halaman lampiran yang diperbarui, mode malam, streaming langsung, dan penayangan saluran publik.

Hadirnya Download Manager baru di Telegram memungkinkan pengguna melihat semua unduhan di satu tempat, dan dapat diakses dari logo di bilah pencarian yang muncul saat pengguna mengunduh sesuatu.

Tak hanya itu, Download Manager juga dapat digunakan untuk menjeda, melanjutkan unduhan dan meningkatkan prioritas unduhan tertentu sehingga unduhan selesai terlebih dahulu.

Menu lampiran yang disegarkan juga akan terlihat jika pengguna mengirim banyak foto atau file ke pengguna lain. Di iOS, menu lampiran telah ditingkatkan ke fitur paritas dengan Android, opsi kamera sekarang terintegrasi ke dalam galeri dan bilah navigasi memberikan akses cepat ke foto, file, berbagi lokasi, dan banyak lagi.

Bagi pengguna Android yang menggunakan Mode Malam di perangkat mereka, maka akan melihat header memiliki efek transparansi yang membuat aplikasi terlihat lebih baik saat menggulir.

Efek transparansi serupa telah ada di Telegram versi iOS sejak Juni 2021 dan perusahaan mengatakan ini adalah salah satu aplikasi Android pertama yang menambahkan jenis efek tersebut.

Diwartakan Neowin, Sabtu, 12 Maret, perubahan besar selanjutnya adalah pengenalan streaming langsung dengan aplikasi lain. Sekarang, Grup dan Saluran akan dapat terhubung dengan alat seperti OBS Studio dan Xsplit Broadcaster sehingga streamer dapat membuat saluran TV profesional mereka sendiri langsung di Telegram.

Untuk memulai, mulai Obrolan Video baru di grup atau Streaming Langsung di saluran dan tekan 'Mulai Dengan' di mana pengguna dapat menemukan informasi untuk menghubungkan perangkat lunak spesialis mereka. Orang yang ingin mendengarkan juga harus menjalankan pembaruan Telegram terbaru.

Lainnya yang tak kalah menarik adalah mendesain ulang alur masuk. Di Android dan MacOS, alur masuk baru dengan animasi yang lebih halus telah tiba. Kemudian Telegram juga memberikan kemampuan menautkan nomor telepon, yang memungkinkan pengguna membuat tautan ke profil mereka menggunakan nomor teleponnya, jika itu lebih mudah daripada membagikan tautan nama pengguna yang sebenarnya.

Selain itu, Telegram juga telah menambahkan halaman pratinjau web baru dari halaman profil t.me, sehingga pengguna dapat melihat profil atau saluran publik di web dengan elemen desain yang lebih baik.

Untuk semua pembaruan anyar ini Telegram akan memperbarui secara otomatis dalam beberapa hari mendatang. Tentunya pengguna juga harus meng-update aplikasi mereka pada versi terbaru.