Bagikan:

JAKARTA – Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, telah merancang mobil mini self-driving yang dapat mengantarkan semangkuk ramen ke seluruh restoran tanpa menumpahkan setetes pun.

Pengantar  Ramen e-4ORCE memanfaatkan teknologi yang memungkinkannya tetap stabil saat mendesing di sepanjang meja untuk mengantarkan makanan ke pengunjung yang lapar.

Mesin itu dibangun dengan nampan datar di atas tempat mangkuk sup yang bisa duduk, sementara motor listrik kembar secara independen mengontrol roda depan dan belakang.

Pabrikan mobil ini telah merilis video yang menunjukkan e-4ORCE Ramen Counter yang membawa semangkuk mie penuh di dalam restoran.

“Lihatlah teknologi yang diuji sebagai server mie ramen seluler, menyajikan makanan lezat tanpa menumpahkan setetes pun!' kata Nissan, seperti dikutip Dailymail.

Mobil mini tersebut menggunakan teknologi yang sama dengan mobil Ariya berukuran penuh milik Nissan, yang disebut e-4ORCE.

Teknologi e-4ORCE memiliki fitur all-wheel drive dan teknologi kontrol sasis, mencegah kendaraan bergoyang dan membuat berkendara lebih nyaman.

Hal ini juga dirancang untuk meningkatkan kemudi, pengereman dan kinerja mengemudi secara keseluruhan, dan dapat mengurangi mabuk perjalanan dengan memantau dan meminimalkan pitch dan goyangan kendaraan.

Seperti Nissan Ariya, kendaraan berukuran kotak sepatu ini menggunakan teknologi yang terinspirasi dari e-4ORCE, dan mampu untuk start, stop, dan Akselerasi dengan lembut tanpa mengganggu muatan cairnya.

Meskipun masih belum jelas berapa harga mobil self-driving mini, atau apakah akan diluncurkan lebih lanjut, itu telah diterima dengan hangat di media sosial.

Menanggapi video, yang diposting Nissan di YouTube, seorang pengguna berkomentar: 'Itu adalah video hebat yang menunjukkan E-4ORCE.

'Menginspirasi masa depan dengan teknologi.'

Yang lain menambahkan: 'Kolaborasi yang kami tidak tahu kami butuhkan.'

Dan salah satu pengguna bercanda: 'Mie NISSIN Skyline Noodles Type R yang baru.'.

Mobil pengiriman ramen self-driving baru Nissan bukan satu-satunya perangkat berbasis makanan yang terungkap dalam beberapa minggu terakhir.

Sebuah tim Swiss juga sedang mengerjakan Bouebot, sebuah robot yang dapat membuat fondue keju yang sempurna.

Robot, yang menghabiskan biaya hingga £240.000 (Rp4,6 miliar) untuk dikembangkan, akan mampu menuangkan anggur putih ke dalam campuran fondue klasik Vacherin Fribourgeois dan Gruyere.

Bouebot selanjutnya mengaduk angka delapan saat keju meleleh, lalu menaburkan merica untuk menyelesaikannya.

Bouebot  kemudian mengambil paku logam, menusuk sepotong roti, dan meletakkannya di tempat untuk pecinta fondue untuk mencoba sebelum keju lengket menetes ke bawah.

Bot sedang dikembangkan oleh tim di Workshop 4.0, yang berbasis di Sierre, yang memanipulasinya menggunakan papan kontrol.