Pendiri Cardano Charles Hoskinson Dukung <i>Startup</i> yang Ingin Hidupkan Mammoth
Ilustrasi Mammoth Berbulu (foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Founder Cardano (ADA) Charles Hoskinson dikabarkan mendukung perusahaan startup Colossal. Perusahaan biotek tersebut punya program untuk bangkitkan binatang purba mammoth berbulu.

Colossal memang dikenal memiliki tujuan ambisius untuk menghidupkan kembali binatang-binatang purba yang sudah punah pada tahun 2027. Perusahaan tersebut akan menggunakan teknologi pengeditan gen teranyar CRISPR.

Melansir U.Today, profesor George Church dari Harvard Medical School  meluncurkan Colossal bersama dengan pengusaha teknologi Ben Lamm pada September 2021 setelah awalnya mengumpulkan 15 juta dolar AS atau Rp214 miliar dalam pendanaan awal.

Sementara pada putaran pendanaan seri A Colossal berhasil mengumpulkan 60 juta dolar AS atau Rp857 miliar. Dana tersebut berasal dari sejumlah perusahaan rintisan yang dipimpin oleh CEO Legendary Entertainment, Thomas Tull. Sosialita ramah kripto Paris Hilton juga berinvestasi di Colossal, bersama dengan banyak perusahaan modal ventura lain.

Ada penelitian bertahun-tahun tentang cara menghidupkan kembali spesies yang punah dengan menyandingkan sampel DNA yang diambil dari fosil dengan sampel rekan modern mereka. Church telah menghabiskan lebih dari 10 tahun bekerja untuk menghidupkan mammoth berbulu. Pelopor penyuntingan gen terus bekerja pada embrio mammoth yang akan didasarkan pada genom gajah.

Mengenai hal tersebut Hoskinson mengklaim bahwa blockchain bisa digunakan untuk crowdfunding dan manajemen kekayaan intelektual (IP). Colossal telah berulang kali menekankan bahwa tujuan mereka adalah untuk membalikkan keruntuhan keanekaragaman hayati yang telah terjadi di Bumi. Mereka juga berpotensi berencana untuk mengatasi lapisan es yang mencair.

Kendati demikian, ambisi Colossal mendapat kritikan dari sejumlah pihak yng menyatakan bahwa membangkitkan binatang purba akan mendatangkan masalah baru, terutama yang berkaitan masalah etika. Sebagian lagi menyarankan akan lebih baik jika perusahaan berinvestasi untuk melestarikan spesies yang ada dan terancam punah.

Sebenarnya Colossal tidak hanya berfokus untuk membangkitkan mammoth berbulu, perusahaan juga sedang bekerja untuk melestarikan spesies yang terancam punah termasuk badak putih.