Google Tega Hapus Fitur Chrome yang Selama Ini Bantu Pengguna Hemat Data
Google dalam rilis Chrome M100 tidak akan lagi membawa fitur Mode Chrome Lite.(foto: Dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan nantinya pada rilis Chrome M100 tidak akan lagi membawa fitur Mode Chrome Lite yang bertahun-tahun telah membantu pengguna dalam mengurangi penggunaan data seluler mereka.

Menurut laporan, Mode Chrome Lite akan hilang dengan rilis Chrome versi M100 pada akhir Maret. Awalnya, mode ini dikenal sebagai Data Saver ketika Google pertama kali memperkenalkannya di Android pada 2014 lalu.

Di saat itu, banyak pemilik ponsel cerdas menggunakan paket data yang bukan unlimited dan akan dikenakan biaya tambahan jika melebihi jatah bulanan mereka.

Bahkan di beberapa wilayah, kecepatan seluler juga terbatas, jadi mode Lite membantu memuat halaman lebih cepat dengan mengompresinya. Pada 2015, Google menambahkan opsi memblokir gambar sepenuhnya demi lebih sedikit mengonsumsi data.

Namun, Google tidak lagi melihat banyak alasan untuk mempertahankan opsi dan fitur tersebut. Karena saat ini, para operator seluler sudah menyediakan paket data unlimited yang lebih murah, dan perusahaan mengklaim bahwa Chrome terus mengurangi penggunaan data dengan pengaturan default.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat penurunan biaya untuk data seluler di banyak negara, dan kami telah mengirimkan banyak peningkatan ke Chrome untuk lebih meminimalkan penggunaan data dan meningkatkan pemuatan laman web,” jelas Google

“Meskipun mode Lite akan ditiadakan, kami tetap berkomitmen untuk memastikan Chrome dapat memberikan pengalaman pemuatan halaman web yang cepat di seluler," imbuhnya.

Chrome untuk Android versi M100 akan dirilis ke saluran stabil pada 29 Maret, jadi mode Lite akan tetap tersedia hingga saat itu tiba. Demikian dikutip The Verge dari 9to5Google, Kamis, 24 Februari.