Fundo, Aplikasi Baru Google untuk <i>Meet and Greet</i> YouTuber dengan Penggemarnya
Ilustrasi Fundo (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Tim pengembang Google, yakni Area 120 meluncurkan aplikasi streaming berbayar Fundo. Aplikasi ini memungkinkan kreator membuat acara meet and greet antara konten kreator dengan fans secara virtual.

Platform ini memungkinkan konten kreator seperti YouTuber dan influencer lainnya, untuk bertemu sapa dengan para fans mereka. Fundo juga memberikan kesempatan para kreator untuk membuat acaranya sendiri secara virtual dan gratis atau menerima penonton berbayar. 

"Fundo, jadi platform untuk membuat acara pertemuan yang dirancang secara virtual dan interaktif. Konten kreator dan penggemar bisa bertatap muka dan membuka obrolan langsung," kata General Manager Fundo, John Gregg dalam postingan Blog Google, Kamis, 10 September.

Diakui Gregg, dalam setahun terakhir, banyak kegiatan yang harus beralih ke media online dan menjadi virtual. Namun, Gregg memastikan tak mengembangkan Fundo secara khusus untuk mengantisipasi pandemi COVID-19.

Tujuan asli dari Fundo, adalah memberikan ruang interaktif antara konten kreator YouTube maupun influencer dengan penggemarnya agar selalu terhubung. Di mana, inspirasi dari terciptanya Fundo, saat momen VidCon pada 2018 lalu. 

"Fundo adalah layanan temu sapa online untuk konten kreator dan memungkinkan untuk menemui penggemar favorit Anda dari mana saja, menggunakan ponsel atau komputer," ungkap Gregg. 

Melansir dari The Verge, layanan Fundo masih dalam tahap pengujian awal. Meski begitu menurut laporan Variety ada sejumlah YouTuber, termasuk Jessii Vee dan KreekCraft yang sudah mulai menggunakan Fundo untuk meet and greet dengan penggemarnya.

Lewat akun Twitternya, KreekCraft juga men-tweet video seperti apa tampilan dari layanan Fundo. Termasuk harga donasi atau tiket masuk bagi penggemar untuk bisa bergabung dalam acara tersebut. 

Untuk saat ini, layanan Fundo baru bisa tersedia di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Belum diketahui kapan Google akan merilis Fundo secara global.