Verifikasi Transaksi Gojek Bisa Pakai Sidik Jari
ilustrasi GoPay (Edi Kurniawan / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan uang elektronik Gojek yakni GoPay, menghadirkan fitur keamanan baru agar pengguna makin aman saat bertransaksi. Salah satunya dengan menggunakan fitur biometrik sidik jari.

Fitur ini adalah bagian dari Gojek Shield, rangkaian teknologi keamanan pada aplikasi Gojek. Fitur biometrik yang dimaksud berupa sidik jari dan verifikasi wajah guna memverifikasi transaksi non-tunai di luar layanan Gojek.

"Selain PIN, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur yang memanfaatkan identitas biometrik atau karakteristik fisiologis unik masing-masing pengguna berupa sidik jari atau wajah untuk meningkatkan keamanan transaksi," ungkap Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis 10 September.

Saat ini, Budi menyatakan fitur sidik jari telah tersedia di seluruh pengguna smartphone Android dan iOS, dan fitur verifikasi wajah sudah mulai tersedia di platform iOS.

Tidak sampai di situ, Budi mengatakan bahwa GoPay juga memiliki proteksi ekstra untuk melindungi pengguna saat transaksi GoPay dengan "Jaminan Saldo GoPay Kembali," yang menjamin saat pengguna kehilangan saldo GoPay yang terjadi di luar kendali pengguna.

"Kami berharap seluruh pengguna akan memanfaatkan seluruh fitur keamanan ini agar dapat bertransaksi dengan GoPay secara lebih maksimal," ujar Budi.

Rangkaian dari fitur keamanan Gojek Shield juga mencakup berbagai teknologi yang menjaga keamanan pada platform Gojek, termasuk salah satunya penerapan fitur keamanan berbasis kecerdasan buatan untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan akun pengguna.

Verifikasi Sidik jari di Gopay (dok. Gojek Indonesia)

Gojek dan GoPay juga meminta pengguna agar selalu waspada dengan menerapkan langkah JAGA, yang mencakup hal seperti jangan transfer di luar aplikasi, amankan data pribadi seperti kode rahasia OTP (One Time Password), gunakan juga PIN dan fitur biometrik untuk verifikasi transaksi, dan segera adukan hal mencurigakan kepada layanan pelanggan atau pihak berwajib.

Untuk mengaktifkan fitur sidik jari di iOS, pengguna hanya perlu ke laman transaksi pembayaran GoPay, lalu klik aktifkan Touch ID, dan masukan 6 digit PIN. Setelah itu, fitur sidik jari ini sudah dapat digunakan untuk memverifikasi segala transaksi non-tunai di aplikasi Gojek.

Sedangkan pada ponsel Android, buka aplikasi GoPay, geser tombol aktifkan sidik jari, masukkan 6 digit PIN yang digunakan di aplikasi Gojek, dan fitur sidik jari sudah diaktifkan.